Sunday, September 27, 2015

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Warga Kabupaten Tebo sepertinya sudah bosan atas layanan yang diberikan PLN selama ini. Pasalnya hampir tiap malam aliran listrik di tiap rumah sering kali padam. 

Yang lebih kesal lagi pemadaman tersebut tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu dari petugas. Terlebih pemadaman tersebut dilakukan saat senja menjelang malam hari.

"Maunya kita informasi terus ada soal pemadaman, kalau sekarang kan kadang banyak yang nggak tahu, akhirnya ya marah-marah," ujar Samsi, salah satu warga Tebo mengeluh pada Teboonline.com, Minggu (27/9).

Selain itu dirinya juga mengharapkan agar pihak PT PLN segera mungkin membangun Gardu Induk yang telah diwacanakan, bahkan terlebih dengan telah dihibahkannya tanah oleh Pemkab Tebo.

"Katanya Gardu Induk bisa mengatasi pemadaman akibat gangguan yang sering terjadi di perbatasan, harap kami itu cepat direalisasikanlah," pungkasnya.

Terkait layanan PLN yang dinilai kurang maksimal ini, para pelanggan berharap pihak PLN mampu menerapkan sistem informasi yang menyentuh kemasyarakat pelanggan, sehingga setiap terjadi pemadaman dapat diketahui apa penyebabnya.

Terkait hal ini Manajer PLN Rayon Muara Tebo, Zamzami mengatakan bahwa pemadaman tersebut terjadi dikarenakan musim kemarau yang mengakibatkan sumber air PLTA mengalami defisit. Sedangkan padam yang sering terjadi sesaat adalah merupakan dampak dari gangguan jaringan.

"Kemarau ini mempengaruhi layanan listrik, sehingga kurangnya debit air menyebabkan adanya pemadaman, dan kita juga masuk jadwal pemadaman itu," ujar Zamzami.

Lebih jauh dijelaskannya lagi bahwa informasi dari PT PLN (Persero), sehubungan dengan adanya gangguan dibeberapa pembangkit PLTU, PLTG, dan PLTMG di sistem Sumatera serta kurangnya debit air di PLTA Singkarak, maka terjadilah defisit sehingga terpaksa akan ada pemadaman secara bergilir.

"Kurangnya debit air, otomatis kurangnya daya, dan jadwal pemadaman untuk kabupaten Tebo, untuk beberapa hari ini yaitu pada tanggal 25 September 2015 dan 29 September 2015," jelasnya. (crew)