Sering Jadi Korban Pemerkosaan, Wabup Tebo Minta Bides Jaga Diri

HAMDI S.Sos, MM
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Bagi para Bidan desa (Bides) yang diberi tugas untuk mengabdi kepada masyarakat di daerah terpencil agar untuk lebih berhati-hati, pasalnya tidak sedikit bides yang menjadi korban kejahatan seksual hingga korban pembunuhan.

Hal ini langsung disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Tebo, Hamdi, saat membuka acara Seminar Ilmia Muscab IV Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Tebo, Selasa (29/09).

Dikatakan Wabup, Bides harus pandai jaga diri dan jangan sombong dengan masyarakat karena jika kesombongan itu yang terjadi, ada kemungkinan aksi kejahatan akan terjadi. "Karena bidan desa itu cewek semua maka jangan lah sombong dengan warga, dan jika kita baik sama masyakat jasa kita akan selalu dikenang," pintanya kepada semua bides yang hadir.

Selain dari pada itu, Wabup juga minta kepada bides untuk menjalankan profesinya sesuai dengan tugas yang akan diberikan kepada masyarakat, dan juga lanjut Wabup, bides harus bisa berkomunikasi dengan dukun-dukun yang ada didesa itu, jangan sampai ada omongan yang memojokkan bides.

"Sering itu terjadi, ada dukun-dukun desa sering mangadu bahwa bides sering mengambil profesinya sebagai dukun, ini dikarenakan kurangnya komunikasi antara bides dan dukun sehingga omongan yang tidak bagus terhadap bides bermunculan ditengah masyarakat," sebutnya.

Melalui acara seminar IBI ini, wabup pinta bides harus menguasai ilmu kebidanan, apalagi pekerjaan bidan itu terkadang menyangkut nyawa manusia, "jika ada orang yang ingin melahirkan, bidan harus selalu berdampingan dengan dukun setempat, kerena demi keselamatan ibu dan bayi," tutupnya. (crew)

Related News