Polres Tebo Sosialisasi Kebakaran Hutan Dan Lahan

Kasat Reskrim Polres Tebo saat sosialisasi
tentang kebakaran hutan.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Polres Tebo menggelar Sosialisasi masalah kebakaran Hutan dan Lahan, yang belakangan ini kejadian kebakaran hutan dan lahan milik masyarakat di musim kemarau sering terjadi dan berdampak pada kerusakan lingkungan, kerugian harta dan menimbulkan asap tebal sehingga terganggunya kesehatan masyarakat yang mengakibatkan penyakit Ispa.                       

Gelaran sosialisasi yang berlangsung pada Selasa (01/09) bertempat di Aula Kantor Camat Rimbo Bujang, dihadiri Camat, Danramil, Kapolsek, Lurah, Kades, Tokoh masyarakat dan Tokoh agama se Kecamatan Rimbo Bujang. Penyaji Materi adalah Kasat Reskrim Polres Tebo, AKP Sahlan .SH. 

Dalam paparannya, Sahlan menjelaskan peraturan dan Undang-Undang tentang Pidana pelaku pembakaran hutan dan lahan. "Pelaku pembakaran hutan dan lahan (Kebun_red) milik warga di Tebo, pelakunya sudah ada yang ditindak dan divonis melalui hukum dan dikirim di Lapas Tebo. Yang pasti pelaku pembakaran hutan dan lahan merupakan tindak pidana melanggar hukum," jelas Kasat Reskrim.      

Masalah kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Tebo khususnya dan di Indonesia pada umumnya menjadi masalah Internasional, bahkan negara tetangga seperti Malaysia dan lainnya terkena imbas asap dari kebakaran hutan yang ada di Indonesia.

"Indonesia sudah ditetapkan dan diakui PBB sebagai paru -paru dunia, oleh karenanya seluruh elemen bangsa dan seluruh elemen masyarat, berkewajiban untuk menyelamatkan kelestarian hutan. Kita minta kepada masyarakat agar berhati-hati menggunakan api, jangan membakar sampah sembarangan, jangan membuang puntung roko sembarangan tempat, jangan menggunakan Cog listrik terlampau banyak atau banyak cabang  yang dapat menimbulkan korsleting. Periksa dan pastikan listrik dirumah aman baru meninggalkan rumah," tandas Kasat Reskrim.     

Hal senada dikatakan Camat Rimbo Bujang, dikatakannya, mengantisipasi timbulnya kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab semua pihak, oleh karenanya peran para Kades/Lurah, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat dan masyarakat sangat diharapkan untuk mensosialisasikan tentang dampak yang diakibatkan dari kebakaran hutan dan lahan.

"Kita himbau kepada masyarakat untuk mematuhi peraturan yang berlaku dan menyukseskan semua program pemerintah," tutur Sukiman, Camat Rimbo Bujang.                   

Dalam forum ini, Kapolsek Rimbo Bujang AKP Feby Harianto dan Danramil Rimbo Bujang Kapten INF Adrial Nursal, menyampaikan Program di Institusinya masing-masing, baik masalah Kamtibmas, dan kriminalitas yang terjadi di wilayah Kecamatan Rimbo Bujang. (asa)    

Related News