Diduga Pengurus Parpol, Mahasiswa Tuntut GS Dipecat Dari Anggota Panwas Tebo

Aktifis PMI Tebo saat gelar aksi di kantor Panwaslu Tebo menuntut agar GS dipecat dari anggota Panwas.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Tebo, datangi kantor Panitia Pengawas Pemilihan (Panwas) Kabupaten Tebo, Rabu (2/9). Kedatangan mahasiswa tersebut menuntut Ketua Panwas untuk memberhentikan atau mengeluarkan GS, salah satu anggota Panwas yang diduga menyalahi aturan.

"Kita minta ketua Panwas segera pecat GS karena sudah menyalahi aturan. GS adalah pengurus salah satu partai politik. Jika Panwas sudah menyalahi aturan bagaimana dengan hasil pemilu nanti," teriak Afrizal ketua PMII Tebo, saat orasi di depan kantor Panwas Kabupaten Tebo.

Beberapa menit orasi, mahasiswa langsung ditemui Masri, Ketua Panwas Kabupaten Tebo yang langsung didampingi GS. Sempat terjadi adu argumen antara mahasiswa dan Ketua Panwas.

"Kita minta permasalahan ini bisa diselesaikan dalam waktu 3 hari. Kalau tidak kita akan datang lagi kesini dengan jumlah masa yang lebih banyak lagi," teriak Afrizal lagi.

Tuntutan mahasiswa tersebut langsung ditanggapi oleh Masri. Dijelaskannya, untuk memberhentikan atau memecat anggota Panwas bukanlah wewenang Ketua Panwas Kabupaten, itu adalah wewenang Banwas Provinsi. Meski demikian, lanjut Masri, dirinya akan menyampaikan aspirasi mahasiswa tersebut ke Banwas Provinsi Jambi.

"Silahkan sertakan bukti yang akurat. Akan kita sampaikan ke Banwas provinsi. Namun, untuk memberhentikan anggota Panwas bukanlah wewenang kita. Tapi, jika ada anggota Panwas Kecamatan yang bermasalah, itu wewenang kita," jelas Masri.

Aksi damai mahasiswa berlangsung aman dan tertib. Mahasiswa membubarkan diri setelah didapat kesepakatan antara mahasiswa dan pihak Panwas, yaitu Panwas akan menyelesaikan persoalan ini tiga hari kedepan. Kesepakatan tersebut ditandatangani langsung oleh Masri yang disaksikan langsung oleh seluruh mahasiswa PMII Tebo. (crew)

Related News