Monday, September 14, 2015

H Sukandar S.Kom M.Si
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Di tahun 2015 ini, sedikitnya ada 54 orang CJH yang diberangkatkan ke tanah suci, dari 54 itu 20 orang di antaranya laki-laki dan 34 orang perempuan, Bupati Tebo, H. Sukandar berpesan kepada seluruh jamaah haji agar tetap menjaga nama baik Kabupaten Tebo.

"Saya minta agar seluruh jamaah haji yang berangkat ini, untuk menjaga nama baik Kabupaten, dan selama disana nanti tunjukkan bahwa kalian saling melindungi," pinta Sukandar saat memberikan arahan pada pelepasan CJH ketanah suci, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Bupati juga mengatakan bahwa CJH ini sangatlah diperlukan kerjasama, karena ibadah disana kita dituntut untuk sabar, karena banyak kejadian yang diluar dugaan kita.

"Seperti kehilangan sandal kita harus sabar, makan gak kebagian kita harus sabar, kita lagi sholat dilangkahin orang lain harus sabar, dan hal-hal yang lain kita juga hrus sabar," sebutnya sambil memberikan contoh kepada seluruh jamaah.

Yang paling penting, kata Bupati, disana benar-benar harus menjaga omongan, karena kebiasaan kita melihat yang aneh sering latah (Hal yang tidak perlu diucapkan,red), disana itu lanjutnya, tanah disana adalah tanah harom dan hal-hal yang diluar pemikiran kemampuan bisa saja terjadi.

"Kalau tidak ingin terjadi hal yang tidak kita inginkan, maka jagalah omongan, dan harus di ingat-ingat kalau mau ngomong harus dipikirkan dahulu walaupun apa yang diperbuat orang disana tidak benar dan tolong perkataannya ditahan," harapnya.

"Dan jika sudah terlanjur terucapkan, maka saya meminta cepat istigfar meminta maaf dan mohon ampun kepada Allah, mudah-mudahan seluruh CJH ini tidak ada yang tersesat dan kembali ketanah air dengan keadaan selamat," tutupnya. (crew)