Binarakyatnews.com Polisikan Pengguna FB Terkait Pelecehan Postingan Berita

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Merasa dilecehkan oleh beberapa pengguna Facebook terhadap postingan berita siswa SMAN 5 Tebo Bakal Demo Kepsek, Media Online Binarakyatnews.com melaporkan Agus Nuryanto dkk (Pengguna fb lainnya,red) ke Polres Tebo.

Pimpinan Redaksi Binarakyatnews.com, Heri Susanto kepada Teboonline.com membenarkan bahwa dirinya telah melaporkan beberapa nama pengguna facebook yang menghina tulisan wartawan Binarakyatnews.com kepada pihak Kepolisian pada Selasa (28/9).

"Benar. Kita laporkan, bukan hanya Agus Nuryanto, tapi mereka dan kawan-kawan yang menghina tulisan dan penulis berita tersebut kita laporkan," ujar Heri Susanto.

Menurutnya, dilaporkan Agus Nuryanto dan kawan-kawannya tersebut karena dinilai selain menghina, juga melecehkan kebebasan pers, serta sebagai upaya untuk memberikan peringatan terhadap pengguna media sosial agar menghargai UU ITE.

"Agus itu kita laporkan paling pertama karena dalam postingan tersebut kata-katanya provokatif, namun saya melaporkan bukan dia saja, tapi Agus dan kawan kawan," imbuhnya.

Sementara itu, beberapa organisasi dan Wartawan turut mendukung pelaporan tersebut, salah satunya Iwan Perdana Ketua Aliansi Wartawan Independen Indonesia (AWII) menyatakan mendukung atas tindakan media online binarakyatnews.com melaporkan pemilik akun FB Agus Nuryanto dan Yudi Pujakesuma.

"Soal ini kita akan dorong pihak kepolisian agar menyelesaikan masalah ini dengan sebenar-benarnya," tegas Iwan.

Menurutnya pun, harusnya permasalahan dalam pemberitaan sebaiknya pihak yang bersangkutan menggunakan hak jawab untuk membenarkan berita tersebut. Jika hak jawab tersebut tidak ditanggapi oleh media yang bersangkutan, yang bersangkutan bisa melakukan somasi ke dewan pers.

"Harus tau dulu, ini bukan masalah media atau profesi wartawannya, tapi ini menyangkut kebenaran dan pembelajaran. Jika ada masalah dalam pemberitaan klarifikasi ke media yang bersangkutan, bukan melalui media sosial FB," kata Iwan.

Menurut Iwan lagi, UU ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik,red) No 11 Tahun 2008, tidak semua orang tahu. Padahal, pasal-pasal di UU itu bisa menjerat perbuatan yang melawan hukum. Salah satu pasal yaitu pasal 27 ayat 3 disebutkan: Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik, "Jadi pidananya juga jelas," jelasnya.

Dalam hal ini dia juga memaparkan bahwa sanksi pidana bagi yang melakukannya juga jelas, yaitu pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (Satu miliar rupiah). "Terkait ini jangan salah, sanksi pidananya paling lama itu enam tahun," ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Taher Ketua Tebo Jurnalis Club (TJC). Dia berharap permasalah antara pemilik akun Agus Nuryanto dengan pihak binarakyatnews.com secepatnya bisa diselesaikan. "Ini pembelajaran bagi kita semua. Boleh menyampaikan aspirasi atau pendapat menggunakan media sosial, tapi jangan sampai melanggar UU ITE," katanya.

Taher juga mengatakan akan mendorong pihak penegak hukum untuk segera menyelesaikan masalah ini secara jelas dan sebenar-benarnya. (crew) 

Related News