Panwas Tidak Netral Bakal Diberhentikan

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dalam pelaksanaan pengawasan jelang pemilihan Gubernur yang akan datang, setiap kedudukan yang berkaitan dengan anggota panitia pengawas pemilu baik dari tingkat panitia pengawas pemilu kabupaten Hingga pengawas TPS, dipinta harus Netral tanpa indikasi apapun.

Ketua Panwaslu Kabupaten (Panwaskab) Tebo, Masri saat dikonfirmasi Teboonline.com mengatakan bahwa untuk yang berkaitan dengan pengawas pemilu harus benar-benar tidak ada kaitannya dengan tim Kampanye dari salah satu kandidat calon Gubernur.

"Setahu saya, untuk saat ini tidak ada anggota dari pengawas baik itu dari  panwaskab, panitia pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), Pengawas Pemilu Lapangan (PPL), dan lainnya yang ikut serta dalam tim kampanye," ungkap Masri.

Masri menegaskan, sesuai dengan UU No 15 tahun 2011 yang menyatakan bahwa pengawas pemilu harus Netral. Apabila ada Yang melanggar, tidak menutup kemungkinan anggota pengawas tersebut akan diberhentikan secara tidak hormat.

"Kita sesuaikan dengan laporan dari masyarakat, apabila dari laporan tersebut ada anggota pengawas pemilu yang ketahuan ikut dalam tim kampanye, maka anggota tersebut akan diproses. Selanjutnya, apabila benar adanya laporan dari masyarakat tersebut, pemecatanpun akan langsung segera dilakukan," tegasnya.

Sementara itu, demi mengantisipasi jalannya proses pemilihan calon Gubernur Jambi yang akan datang, diharapkan pengawas bekerja secara maksimal tanpa berpihak kepada salah satu kandidat calon Gubernur dan masyarakatpun juga ikut memantau kinerja dari para pengawas pemilu. 
Apabila ada kecurangan, cepat laporkan kepada pihak terkait agar semua berjalan sesuai dengan harapan. (crew)

Related News