Tuesday, August 4, 2015

BEKTI FERY DENSI
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Berdasarkan laporan data pembuatan KTP-elektronik dari Dukcapil Tebo, jumlah penduduk warga Tebo yang memiliki KTP-elektronik baru 44 persen. Lambatnya perekaman serta pencetakan KTP-elektronik di Dukcapil ternyata terkendala banyak hal. Padahal sebelumnya Dukcapil pernah menargetkan tahun 2015 ini seluruh warga Tebo 100 persen sudah memiliki KTP-elektronik.

Kabid Bangduk Dukcapil Tebo, Bekti Fery Densi menjelaskan, jika per 31 Desember 2014 lalu jumlah warga yang wajib memiliki KTP-elektronik berjumlah 255.923 warga. Namun pada kenyataannya sampai dengan saat ini hanya berjumlah 114.129 warga saja yang sudah memiliki KTP-el. Untuk itu lanjut Bekti persentase warga yang sudah memiliki KTP-el baru mencapai 44,60 persen.

"Sedangkan yang sudah melakukan perekaman itu sebanyak 185.007 warga. Kemungkinan dalam waktu dekat mereka (Yang sudah merekam,red) secepatnya kita lakukan pencetakan KTP-el," ujar Bekti meyakini.

Terkait lambatnya proses pencetakan KTP-el ke warga Tebo memang diakui Bekti. Dirinya merasakan banyak sekali kendala yang diterima warga terkait syarat dan kelengkapan untuk penerbitan KTP-el. Salah satunya adalah kata Bekti, masalah kepemilikin buku nikah. Hal ini yang menjadi syarat berat bagi warga yang dulunya menikah tanpa adanya buku nikah,

"Kalau seperti itu harusnya dilakukan nikah Isbat di Pengadilan Agama Tebo. Kita sudah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan pihak terkait untuk menyelesaikan masalah ini," kata Bekti lagi.

Kendati demikian pihaknya tetap melakukan pendekatan kepada warga untuk membantu proses penerbitan KTP-el. "Salah satunya adalah warga yang pada waktu menikah dibawah tahun 1974. Itu kita bantu untuk menerbitkan KTP-el. Pastinya sudah dilengkapi juga dengan surat keterangan dari desa juga," sebutnya.

Terakhir Bekti menghimbau kepada warga Tebo yang saat ini belum memiliki KTP-el untuk segera mengurusnya. Karena proses pengurusan KTP-el tidaklah sulit, hal ini juga nantinya sangat membantu warga. 
"Buatnya mudah, tidak dipungut biaya juga. Asal syarat yang diminta sudah lengkap," tandasnya. (crew)