Desa Tirta Kencana Bakal Bangun Jembatan Sepanjang 100 Meter

Jembatan Jalan Pilangsari desa Tirta Kencana, saat ini kondisi jembatan tersebut putus.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Putusnya jembatan jalan Pilangsari desa Tirta Kencana Kecamatan Rimbo Bujang hingga saat ini belum mendapatkan perhatian dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tebo. Padahal, pihak desa Tirta Kencana sudah berulang kali mengajukan proposal pembangunannya ke Bupati Tebo.

Menurut Kades Tirta Kencana, Sundari pada Jambi Star menuturkan bahwa jembatan jalan Pilangsari yang menghubungkan desa Sapta Mulia itu ada dua dan kalau digabung panjangnya sekitar 100 meter.

Pembangunan dua jembatan tersebut dilakukan oleh warga dengan dana swadaya dengan ukuran badan jembatan sekitar 3 meter sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Sementara, jalan tersebut adalah akses vital masyarakat untuk mengeluarkan hasil buminya seperti getah karet dan buah sawit.

Akibat diterjang banjir beberapa tahun yang lalu diungkapkan Kades Sundari, salah satu jembatan tersebut patah dan amblas sehingga tidak dapat dilalui. Dengan adanya dana Alokasi Dana Desa (ADD), desa Tirta Kencana berencana akan menganggarkan secara bertahap untuk membangun kembali dua jembatan Pilangsari tersebut.

“ Dua jembatan Pilangsari kalau digabung panjangnya sekitar 100 meter, tahun ini kita ambil Rp 47 Juta untuk alokasi pembangunan jembatan itu. Tahun depan, kita ambil lagi dari ADD lagi dan nanti rencananya pembangunannya juga ditahun depan. Dengan dana yang kecil ini, kita akan bangun jembatan sepanjang 100 meter,” ujar Kades Sundari.

Sundari mengaku dirinya berkoordinasi dengan Konsultan untuk perencanaan pembangunan jembatan tersebut. Perkiraannya, dana tersebut sebesar kurang lebih Rp 100 jutaan. Mudah – mudahan, dengan dana itu bisa bangun jembatan dengan panjang 100 meter dan lebar 4 meter.

“ Mungkin saja, kalau pembangunan jembatan sepanjang 100 meter didanai dari APBD, nilai proyeknya berkisar Rp 1 Milyar. Sementara jembatan Pilangsari ini dianggarkan Rp 100 jutaan saja,” kata Kades Tirta Kencana ini pada Teboonline.com saat ditemui di kantornya, Kamis (6/8). (husni)   

Related News