Warga Desa Tirta Kencana Tangkap Buaya Sepanjang 4 Meter

Buaya Julung saat ditangkap warga desa Tirta Kencana dialiran Sungai Alay.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Seekor Buaya sungai berukuran 4 meter ditangkap warga Rabu (29/7). Buaya jenis Julung tersebut ditangkap oleh warga jalan Marsawa desa Tirta Kencana Kecamatan Rimbo Bujang.

Rino (31), warga yang ikut menangkap buaya tersebut mengatakan, awalnya buaya tersebut muncul saat dirinya bersama rekan-rekannya tengah mencari ikan di Sungai alai.

Melihat adanya buaya yang tak jauh dari lokasi mencari ikan, ia beserta rekannya langsung melakukan penangkapan terhadap buaya tersebut dengan cara diikat dengan menggunakan tali.

" Awalnya muncul ditengah sungai tepat di tumbuhan pandan, melihat itu kami langsung mencari cara untuk menangkap dan akhirya berhasil dijerat," jelasnya. Setelah berhasil mengikat buaya tersebut Lanjutnya, buaya tersebut kemudian di angkat ke darat dan dipindahkan ke rawa untuk direlokasi.

" Buaya ini ganas, soalnya pas waktu ditangkap dan dipindah, buaya tersebut melawan terus," ungkap Rino di lokasi pada Teboonline.com.

Kapolsek Rimbo Bujang AKP. Feby Harianto mengatakan, membenarkan adanya buaya yang diduga jenis buaya Julung yang ditangkap oleh warga jalan Marsawah Kecamatan Rimbo Bujang.

" Iya, buaya dengan panjang sekira 4 M ditangkap oleh warga disungai Alai," terangnya.

Lanjutnya, usai dilakukan evakuasi pihaknya langsung berkoordinasi dengan Kecamatan dan juga  pihak BKSDA untuk penanganan lebih lanjut. "Kita sifatnya hanya evakuasi, untuk penangananya, tentu BKSDA yang berhak. Karena itu memang tugas mereka," tukasnya.

Sementara itu, Camat Rimbo Bujang, Sukiman dikonfirmasi mengungkapkan, dengan adanya penangkapan buaya tersebut dirinya berharap kepada warga untuk berhati-hati saat berada disungai. Pasalnya, buaya sungai Alai saat ini diperkirakan masih banyak dengan ukuran besar.

" Saat mencari ikan disungai waga dihimbau untuk tetap waspada, karena diperkirakan masih banyak buaya yang mendiami Sungai alai itu," ungkap Camat.

Lanjut Camat, buaya yang berhasil ditangkap tersebut saat ini sudah di evakuasi oleh BKSDA dan selanjutnya akan ditampung dipenakaran. "Sudah dievakuasi dan langsung dibawa oleh BKSDA," pungkasnya. (crew)

Related News