PPDB, Sekolah Harus Mengacu Ke 4 Point Agar Tak Temui Masalah

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2015/2016 telah dibuka sejak sepekan ini. Untuk mengantisipasi terjadinya persoalan baru didalam sekolah, seluruh Kepala Sekolah diminta untuk mengacu 4 point yang diputuskan dalam kesepakatan Kepala Sekolah.

“ Ada 4 poin yang harus dipatuhi oleh Kepala Sekolah dalam melakukan PPDB,” terang Kabid Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Dikbudpora Kabupaten Tebo, Marzal pada Teboonline.com, Rabu (8/7).

Diantaranya lanjut Marzal, objektifitas yang artinya PPDB itu sesuai dengan peraturan pemerintah, kedua yaitu transparansi atau dapat dipertanggung jawabkan. Misalnya, dalam PPDB di sekolah itu secara tes selektif, maka dari pelaksanaan tes hingga pengumuman itu harus terbuka.

Yang ketiga lanjut mantan Kepala UPTD Dikbudpora Rimbo Bujang ini, Akutabilitas atau yang dapat dipertanggung jawabkan baik prosedur atau hasilnya dan yang terakhir adalah tidak diskriminatif.

“Kepala sekolah berpedomanlah kepada 4 point itu untuk menghindari masalah,” himbau Marzal lagi.

Didalam 4 point itu termasuk salah satunya tentang kuota PPDB, misalnya di Sekolah A diputuskan untuk menampung siswa baru sebanyak 3 Kelas. Apabila lebih dari 3 kelas dalam penerimaannya, maka sekolah A tersebut tidak akan diberikan bantuan Ruang Kelas Baru (RKB). (crew) 

Related News