Potensi Kemarau Hingga September, Tebo Terpantau Ada 2 Titik Panas

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Potensi kemarau diprediksi hingga bulan September mendatang. Dampak kemarau sepertinya banyak menimbulkan bencana seperti, kekeringan, kebakaran lahan dan hutan, serta munculnya titik panas. Hal ini disampaikan Naning Kunianingsih, Koordinator Prakiraan Cuaca BMKG Sultan Thaha Jambi, kepada Wartawan, Senin (7/7).

Naning menjelaskan, cuaca saat ini cenderung berawan. Hal ini sangat berpotensi terhadap munculnya musim kemarau. "Mulai Juni hingga September masuk musim kemarau," sebutnya.

Kendati mengalami musim kemarau yang panjang, tapi Naning meyakini cuaca tersebut tidaklah terlalu ekstrim. Hanya saja yang harus diwaspadai disaat datang musim kemarau adalah bencana kebakaran lahan dan hutan. Saat ini saja sedikitnya ada 73 titik panas yang ditemui di Provinsi Jambi.

"Kalau titik panas di Jambi saat ini ada 73 titik panas. Kita tidak tahu apakah titik panas tersebut merupakan pembakaran lahan dan hutan atau mungkin malah paparan benda logam dan lainnya," paparnya.

Selanjutnya disampaikan juga kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap ancaman datangnya musim kemarau. Satu yang perlu diantisipasi adalah adanya aktifitas pembakaran lahan dan hutan. Saat ini kata dia untuk wilayah Muaro Jambi ditemukan 47 titik panas. Merangin 3 titik panas, Tanjab Barat 7 titik panas, Tanjab Timur 14 titik panas dan Tebo 2 titik panas. (de2)

Related News