Massa Bakar Rumah Pelaku Pencuri Kerbau

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dua rumah dan satu unit sepeda motor di desa Sungai Keruh Kecamatan Tebo Tengah dibakar dan dirusak oleh massa Rabu (22/7) sekira pukul 09.00 wib kemarin. Aksi pengrusakan yang dilakukan oleh sekitar 500 orang tersebut dipicu oleh tertangkapnya dua pelaku pencurian ternak milik warga.

Informasi yang berhasil dihimpun, pada Selasa (21/7) sekira pukul 23.00 Wib, warga Desa Sei Keruh mengamankan AA seorang tersangka 363 hewan ternak jenis Kerbau. Usai menangkap satu pelaku, warga kemudian kembali mengamankan satu lagi pelaku pencurian MY pada Rabu sekira pukul 01.00 Wib.

Kemudian, kedua pelaku yang diduga pelaku pencurian dibawa ke rumah kepala desa setempat untuk dilakukan sidang adat. Setelah dilakukan pertemuan dengan korban, disepakati sidang akan dilakukan pada pukul 20.00 Wib.

Namun, pada Rabu (22/7) pagi sekira pukul 09.00 Wib, warga desa Sei Keruh yang berjumlah 500 Orang mendatangi rumah para pelaku. Tanpa dapat dicegah, massa langsung merusak dua rumah milik warga dan sepeda motor milik para pelaku.

" Iya, pengrusakan dipicu oleh tertangkapnya dua orang yang diduga sebagai pelaku pencurian kerbau di desa Sei Keruh," terang Kapolres Tebo melalui Kasat Reskrim, AKP. Sahlan.

Dijelaskannya, atas kejadian tersebut pihaknya langsung mendatangi TKP dan menghadang warga untuk tidak melakukan tindakan anarkis lanjutan serta mengamankan dua orang pelaku ke Polres Tebo.

" Kita langsung terjun ke lapangan dan menenangkan massa selajutnya membawa pelaku ke Polres Tebo untuk dilakukan pemeriksaan," jelasnya.

Hasil pemeriksaan Lanjut Kasat, kedua pelaku telah melakukan pencurian dua ekor Hewan kerbau pada Minggu (12/7) sekira pukul 14.00 Wib diareal PT SKU desa Sei Keruh. Setelah berhasil mencuri, dua ekor kerbau tersebut pada malam harinya sekira jam 01.00 Wib dijemput MM warga Mersam dengan harga 6 juta per ekor.

" Pelaku mencuri di areal PT SKU sebanyak ua ekor dan dijual kepada MM seorang warga asal Mersam," ungkap Kasat.

Kasat menambahkan, dari keterangan para pelaku, dalam menjalankan aksinya, dua orang pelaku tersebut dibantu oleh empat orang lainnya yang saat Ini masih dalam lidik.

" Kita masih lidik keempat pelaku lainnya yang diduga ikut serta dalam aksi pencurian tersebut," pungkasnya. (crew)

Related News