Lapas Tebo Sudah Over Kapasitas, Dihuni Oleh 243 Napi

TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Muara Tebo saat ini cukup memperihatinkan. Pasalnya, daya tampung Lapas hanya sekitar 120, tetapi terisi 243. Hal ini diungkapkan oleh Kasi Binadik Lapas Kelas II B Muara Tebo, Sarifudin.

" Kapasitas kita hanya 120, tetapi saat ini menampung 243 orang," terangnya.

Dijelaskannya, dengan demikian maka pihaknya lebih ekstra dalam mengawasi para penghuni Lapas. Karena, kondisi yang sudah tidak memungkinkan lagi, dapat membuat suasana lapas menjadi tidak baik.

" Udah over kapasitas, kita lebih ekstra mengawasinya," jelasnya.

Saat ini Sarifudin menjelaskan, penghuni lapas kelas II B Muara Tebo didominasi oleh warga Kabupaten Tebo dengan angka sekitar 80 persen. Hal ini berbeda dengan beberapa tahun belakangan yang didominasi oleh tahanan dari luar.

" 80 persen warga Tebo dengn berbagai kasus, sementara sisanya merupakan titipan dari berbagai Lapas yang ada di wilayah Jambi," pungkasnya.

Mengenai remisi Lanjutnya, setiap Napi berhak mendapatkan remisi, tentunya dengan berbagai syarat yang telah ditentukan. Seperti, harus berkelakuan baik dan sekurang-kurangnya telah menjalani hukuman minimal 6 bulan penjara.

" Yang jelas yang mendapat remisi berkelakuan baik dan sudah menjalani hukuman lebih dari enam bulan," ungkapnya lagi.

Bahkan Lanjutnya, belum lama ini 106 penghuni Lapas mendapatkan remisi, dengan rincian RK1 105 dan RK2 (Langsung bebas_red) 1 orang. Namun, remisi yang diberikan tersebut khusus untuk tahanan kriminal umum, untuk tahanan dengan kasus Narkoba belum keluar keputusannya dari Dirjen Pas.

" Kita tetap memberikan remisi bagi penghuni yang berhak mendapatkannya," pungkasnya. (crew)

Related News