Wabup Tebo : Lebih baik Manfaatkan Lahan Kosong Ketimbang Berdompeng

Wabup Tebo Hamdi saat memberikan Tausiah di Safari Ramadan.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Wakil Bupati Tebo Hamdi, mengatakan bahwa banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perekonomian keluarga. 

Diantaranya, memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian atau perkebunan. Hal itu, menurut dia, lebih baik ketimbang berdompeng (Peti,red).

"Dari pada berdompeng (Peti,red) lebih baik manfaatkan lahan kosong untuk berkebun. Hasil kebun lebih baik ketimbang berdompeng," ujar Hamdi saat safari ramadhan hari kedua di Kelurahan Sungai Bengkal Kecamatan Tebo Ilir, Selasa malam (23/6).

Dijelaskannya, sangat banyak dampak negatif akibat aktivitas dompeng. Yang terparah dari dampak tersebut adalah tercemarnya air disepanjang aliran sungai Batanghari. Tidak itu saja, dompeng juga berdampak pada tanaman atau pohon disekitar lokasi dompeng.

"Lihat saja sendiri, akibat dompeng, banyak pohon Duku yang mati. Tidak itu saja, para nelayan tradisional juga sulit untuk mendapatkan ikan," katanya. 

Menurut dia, saat ini sangat banyak lahan kosong yang dibiarkan tanpa dikelola. Jika lahan tersebut dikelola dengan maksimal, tentu hasilnya akan lebih menjanjikan. "Sekarang untuk cari nangka sayur saja susah. Kalau mau kendurian, terpaksa mengumpul nangka dari dusun ke dusun. Itupun terkadang tidak cukup. Coba kalau lahan kosong tersebut ditanam Nangka. Tentu kita tidak susah-susah lagi mencari Nangka," ujar Hamdi.

"Harga Nangka sayur sekarang per kilo Rp 2 Ribu. Jika kita tanam 200 batang saja, kalau sudah berbuah bisa dibayangkan berapa hasil," katanya lagi.

Untuk itu, Hamdi menghimbau kepada seluruh masyarakat Tebo agar segera memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian atau perkebunan. "Jangan lagi berdompeng. Itu hasilnya hanya sesaat saja dan dampaknya juga sangat tidak bagus. Lebih baik manfaatkan lahan kosong untuk berkebun," pungkasnya. (crew)

Related News