Pemasangan Instalasi Listrik Di Desa Balai Rajo Sebrang Asal Jadi

Pemasangan instalasi listrik di rumah warga yang asal jadi dan tidak melihat faktor keamanan dan potensi
menimbulkan konsleting listrik.
TEBOONLINE.COM, VIIKOTOILIR – Warga desa Balai Rajo Sebrang Kecamatan VII Koto Ilir mengeluhkan atas kinerja salah satu Instalatir listrik PLN yang melakukan pemasangan instalasi listrik terkesan asal jadi.

Pasalnya, pada pemasangan instalasi pada setiap patahan, instalatir tersebut tidak menggunakan pipa L, melainkan pipa instalasi tersebut hanya ditekuk saja sehingga bakal membahayakan dan berpotensi akan terjadinya konsleting listrik yang nanti dapat menyebabkan kebakaran.

Hal itu pun mendapatkan sorotan dari berbagai macam pihak salah satunya LSM Perlahan DPD Propinsi Jambi. Ketua DPD Propinsi Jambi LSM Perlahan, Irwan pada Teboonline.com mengatakan bahwa pemasangan Instalasi listrik ditiap rumah warga desa Balai Rajo Sebrang itu tidak sesuai dengan standarisasi pemasangan instalasi listrik rumah dan harus dibongkar kembali.

“ Instalasi listrik yang dipasang itu sama saja jadi bom waktu bagi warga, sangat potensi akan terjadinya konsleting listrik dan tidak masuk dalam kriteria untuk dikeluarkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari PLN,” tegas Irwan, Selasa (23/6).

Saat ini, masyarakat Balai Rajo Sebrang menolak atas pemasangan Instalasi listrik tersebut dan warga juga mengeluhkan terkait biaya pemasangan KWH dan instalasi yang mencapai Rp 4 Juta.

“ Kita sudah mencoba untuk meluruskan persoalan listrik di desa Balai Rajo Sebrang ini dengan instalatirnya, tapi instalatirnya malah menyatakan bahwa persoalan itu tidak ada urusannya dengan LSM,” pungkas Irwan. (santoz)

Related News