Hadapi Arus Mudik, 3 Pospam dan 3 Posyan Bakal Disiagakan

AKP. SUKARMAN
Kasat Lantas Polres Tebo
TEBOONLINE.COM, MUARaTEBO - Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pemudik yang akan melewati wilayah Tebo, tiga pos pengamanan dan tiga pos pelayanan akan didirikan dan siap melayani para pemudik hingga arus balik nantinya.

Hal tersebut langsung disampaikan Kasat Lantas Polres Tebo, AKP Sukarman saat ditemui diruang kerjanya, Senin (29/6). Dirinya mengatakan bahwa pospam (pos pengamanan) dilakukan untuk antisipasi tindak kejahatan terhadap para pemudik dan tentunya untuk antisipasi Harkamtibmas.

"Untuk pos pengamanan, kita ada tiga lokasi yaitu di Teluk Rendah, Sungai Alai dan Unit III yang khusus akan dijaga anggota Polisi," jelas Sukarman.

Sedangkan untuk Posyan (Pos pelayanan), selain diisi oleh pihak Kepolisian juga dibantu TNI, Tenaga Kesehatan, Perhubungan, dan Pemadam Kebaran. Posyan di wilayah Kabupaten Tebo akan didirikan di tiga titik yaitu di SPBU Sungai Bengkal, Di Pal 12, dan Di Wiroto Agung Rimbo Bujang.

"Untuk Posyan ini merupakan pos gabungan. Ini khusus untuk melayani para pemudik nantinya. Posyan ini juga akan kita tempatkan di 3 titik yang telah kita rencanakan dimana lokasi tersebut bisa dijadikan tempat istirahat seperti di Mesjid, SPBU ataupun di Terminal," ujar Sukarman.

Untuk Pengamanan Arus Mudik dan Balik kali ini, Polres Tebo akan menerjunkan 130 personil. Dan pelaksanaan Pengamanan Arus mudik direncanakan mulai dilaksanakan 12 Juli Mendatang atau pada H-5 hingga H+9.

"Untuk pengamanan kali ini, 130 personil kita terjunkan, dan pengamanan akan kita lakukan dari 12 juli hingga 26 juli 2015, hal tersebut dikarenakan 25 dan 26 dikhawatirkan akan menjadi puncak lonjakan arus balik karena bertepatan dengan hari Sabtu dan Minggu," ungkap Sukarman.

Terkait jalur mudik di wilayah Kabupaten Tebo yang saat ini masih banyak terdapat jalan yang rusak dan berlobang, Sukarman mengatakan bahwa sesuai hasil koordinasi dengan PJN dan PU Provinsi, jalan lintas Sumatra dari Muara Tembesi Batang Hari hingga Ke Bungo dipastikan akan mulus dan aman dilalui pemudik sejak H-10.  

"Jadi untuk jalan yang rusak, dipastikan sudah mulus sejak H-10 nanti, itu hasil koordinasi dengan PJN dan dinas PU Provinsi," ujar Sukarman.

Namun Kasat Lantas Tebo berharap kepada Para Pemudik untuk tetap berhati-hati, menjaga kesehatan, menyipakan semua keperluan, mengecek seluruh kendaraan, dan tentunya mematahi aturan lalu lintas saat mudik nantinya agar bisa selamat sampai tujuan.

"Kita berharap untuk pemudik mengecek semua keperluan, kendaraan dan kesehatan sebelum mudik. Dan paling penting taati lalu lintas dan bila ngantuk, segeralah istirahat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," pungkas Sukarman. (crew)

Related News