Fatwa MUI Tebo, Tutup Total Warung Remang - remang Selama Ramadhan

KH Ahmad Rifa'ai
Ketua MUI Tebo
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO,  - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Tebo, menghimbau dan sekaligus mengajak kepada masyarakat beragama non muslim untuk menghormati umat Islam yang akan melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1436 Hijirah/2015 Masehi.

Himbauan tersebut disebutkan dalam fatma MUI, seperti yang disebutkan oleh Ketua MUI Tebo, KH.Rifa’I Ahmad. “MUI Tebo mengeluarkan fatwa agar non muslim menghormati saudaranya yang beragama muslim selama menunaikan ibadah puasa ramadhan,” papar Rifa’i pada Teboonline.com, Selasa (16/6).
 
Agar lebih kusyuk lagi umat muslim dalam berpuasa Ramadhan lanjut Rifai, MUI menghimbau kepada pengusaha warung remang- remang (Warem) dan tempat hiburan malam agar menutup total kegiatan usahanya pada bulan suci ramadhan, begitu juga bagi pedagang makanan agar menutup tempat jualannya dan tidak terlihat  ke pemandangan umum.
 
Terkait masuknya 1 Ramahan 1436 H menurut Ketua MUI ini, sebaiknya  menunggu Rukyah sidang istbat keputusan dan pengumuman resmi dari Pemerintah (Kemterian Agama RI-red).

Ditambahkannya, kendati menurut hisab penanggalan atau Kalender 2015 Masehi 1 Ramadhan jatuh pada hari Kamis 18 Juni 2015. Namun demikian, Panitia atau badan hisab dan rukyah pusat, bahwa masuknya 1 Ramadhan akan diumumkan oleh Kemenag RI melalui media elektronika, media cetak, media online dan lainnya, dengan tujuan agar umat Islam menjalankan ibadah puasa dan merayakan hari raya Idul Fitri 1 syawal 1436 H, nantinya bisa serentak di wilayah Indonesia.

MUI juga menghimbau kepada umat muslim, agar menjalankan ibadah puasa dengan baik pada siang hari, melaksanakan salat tarawih pada malam harinya, bertadarus membaca Alquran dan melaksanakan ibadah sunah lainnya. Rangkaian amal ibadah pada bulan ramadhan, dari mulai puasa pada siang hari, salat tarawih, tadarusan membaca Alquran, takbiran, menunaikan zakat fitrah, salat Idhul Fitri dan merayakan hari raya idul fitri dengan saling bermaafan kepada sesama. (asa) 

Related News