Parit Tersumbat Resahkan Warga Jalan RA Kartini, Ketua RT: Pemerintah Diminta Membangun Drainase

Parit yang tersumbat akibat saluran air tidak maksimal
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Akibat tak ada drainase, air limbah rumah tangga di parit atau selogan tersumbat, mengakibatkan air limbah tersebut melimpah ke jalan.

Bukan hanya itu, air limbah parit yang melimpah tersebut tak pelak lagi menggenangi depan rumah warga, yang berakibat dan berujung terjadi perselisihan atau salah paham antar warga, kejadian ini dikeluhkan oleh warga jalan RA Kartini RT 01 RW 09 Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, akibat tidak adanya Drainase, sehingga air limbah parit meluap kejalan, diperparah lagi apabila dimusim penghujan, menimbulkan bau tak sedap dan mengganggu kenyamanan lingkungan.

Terkait kejadian tersebut, warga setempat saling tuding dan menyalahkan antar warga yang banyak membuang air limbah keluarga ke parit. Warga RT 01 jalan RA Kartini, melakukan gotong royong kebersihan lingkungan. Namun, terkendala tidak bisa membersihkan parit yang tersumbat di kawasan pintu masuk jalan RA Kartini (Samping Puskesmas,red). 

Pasalnya, parit yang dibendung atau ditutup depan rumah Doni (jalan RA Kartini,red) tidak boleh dibuka oleh warga dikawasan Jalan Pahlawan yang menuju jalan 9, dengan alasan apabila bendungan parit didepan rumah Doni tersebut dibuka, maka depan rumah warga akan digenangi air limbah yang ada dikawasan Jalan Pahlawan menuju Jalan 9.

" solusinya, supaya antar warga tidak terjadi selisih paham, dan program kebersihan lingkungan dapat terwujud, maka   Pemkab Tebo melalui Dinas PU harus membangun Drainase untuk saluran pembuangan air, mulai samping Puskesmas Rimbo Bujang II atau simpang Jalan RA Kartini menuju penurunan Jalan Pahlawan arah Jalan 9," tutur      M.Irham, Ketua RT Jalan RA Kartini, pada teboonline.com, Minggu  (3/5).                    

Anggota DPRD Kabupaten Tebo, Suwarno dari Fraksi PDI Perjuangan, yang kebetulan berada dilokasi gotong royong warga jalan RA Kartini, dikonfirmasi membenarkan perlu adanya pembuatan Drainase di Jalan Pahlawan, mulai samping Puskesmas menuju penurunan arah jalan 9.

Dengan dibangunnya Drainase tersebut, maka air dari parit yang ada di kawasan Jalan RA Kartini yang selama ini tersumbat bisa mengalir lancar menuju  Drainase yang di bangun itu. " pada prinsipnya, saya dari Dewan akan mendukung penuh pembuatan Drainase di simpang Jalan RA Kartini, silahkan pihak Kelurahan Wirotho Agung membuat proposal usulan pembangunan Drainase kepada Pemkab Tebo," tandas Anggota Dewan Tebo, Suwarno.              

Lurah Wirotho Agung, di konfirmasi melalui Kasi Pemerintahan Amir Said mengatakan, pihaknya akan segera membuat proposal usulan ke Pemkab Tebo, terkait pembuatan Drainase simpang Jalan RA Kartini Wirotho Agung, yang saat ini sangat dibutuhkan oleh warga, untuk kelancaran saluran air parit yang dikeluhkan warga selama ini.

" Ya, kita secepatnya akan membuat proposal usulan pembangunan Drainase disimpang jalan RA Kartini kepada Pemkab Tebo," ujar Kasi Pem Amir Said. (asa)   

Related News