Masyarakatkan Buah Naga Untuk Tanaman Pekarangan

PPL Pertanian dan Lurah Wirotho Agung poto bersama
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Ketua TP PKK dan PPL Pertanian Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, memasyarakatkan buah naga untuk tanaman pekarangan, selain tanaman pekarangan lainnya.

Diketahui, Buah naga (hylocereus polyrhizus)adalah buah asli dari Amerika Tengah dan tumbuh di daerah dengan iklim tropis, subtropis, hingga daerah beriklim kering. Untuk wilayah Kabupaten Tebo, sangat potensial dikembangkan atau dibudi dayakan buah naga menjadi tanaman pekarangan, disamping buah naga bermanfaat untuk kesehatan keluarga juga dapat dijadikan tambahan pendapatan ekonomi keluarga.      

Manfaat buah naga telah dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Buah dengan rasa agak hambar atau sedikit manis ini adalah sumber antioksidan yang baik yang dapat melindungi diri dari radikal bebas dan kanker. Buah naga dapat menetralkan tubuh dari racun dan berbagai logam berat. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah naga membuat manfaat buah naga sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh hingga membantu menyembuhkan luka memar.        

" Menurut pakar atau para ahli, Kandungan vitamin B2 dan B1 dalam buah naga sangat baik untuk meningkatkan metabolisme dan memulihkan nafsu makan, mengurangi kadar kolesterol karena buah ini mengandung vitamin B3, juga dapat mengatasi tekanan darah tinggi hingga menyembuhkan penyakit batuk dan asma," ujar Yuherlis.SPd, Ketua TP PKK Wirotho Agung, pada Teboonline.com, Jumat (8/5).

Ditambahkannya, menurut para ahli buah naga mengandung fosfor dan kalsium, sehingga dapat membuat tulang kuat serta membentuk jaringan dan gigi lebih sehat, menurunkan berat badan dan mengurangi kadar gula dalam darah. Menurunkan kadar glukosa darah. Buah naga mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membantu memperlancar proses pencernaan dalam tubuh serta mengurangi lemak.            

Buah naga merah ini memiliki kandungan zat karoten yang sangat baik bagi kesehatan mata. Selain tersebut, Khasiat buah naga merah dapat mencegah dan mengobati penyakit jantung, kanker, hingga membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini karena buah ini memiliki kandungan lycopene dan buah ini mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, kalsium, fosfor, dan protein yang baik untuk membantu pembentukan jaringan.

" Buah naga banyak manfaatnya, baik dari segi kesehatan dan ekonomi. Kita himbau kepada ibu kader PKK dan masyarakat luas, untuk menanam buah naga di lahan yang kosong dan pekarangan rumah," ujar Ketua TP PKK Yuherlis.SPd.       

Sementara itu, Anik Nurhidayah PPL Pertanian Kelurahan Wirotho Agung, dikonfirmasi mengatakan bahwa Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Rimbo Bujang, saat ini mempunyai Demplot pembudi dayaan tanaman buah naga, dengan luas lahan 20 M x 20 M dan saat ini sudah menghasilkan buah naga merah segar, dengan harga jual Rp 25 ribu sampai dengan Rp 30 ribu per Kg.

" Saya selaku PPL Pertanian dan Ketua TP PKK Wirotho Agung sudah mensosialisasikan kepada kelompok tani, kader PKK dan msyarakat, agar memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang kosong untuk ditanami buah naga maupun tanaman lainnya yang bermanfaat. Buah naga merah merupakan tanaman yang mudah dibudi dayakan dan buah naga tersebut mudah pemasarannya karena banyak peminatnya, dan buah itu sudah di kenal oleh masyarakat dan dikenal manfaatnya untuk kesehatan keluarga," jelas Anik Nurhidayah PPL pertanian Wirotho Agung. (asa)          




Related News