35 Kelompok Kube Bakal Dapat Bantuan, "Rp 20 Juta/kelompok"

Usaha pembuatan Tempe, salah satu usaha KUBE.
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO-Pemerintah pusat melalui Disosnakertran Tebo bakal mencairkan dana Kelompuk Usaha Bersama (Kube) ke 35 kelompok. 

Tiap kelompok berhak mendapatkan Rp 20 juta untuk pengembangan kegiatan usaha kecil menengah.

"Nama-nama kelompok sudah kita kirim ke pusat. Mereka (kelompok penerima Kube, red) diminta membuat proposal dan rekening," ujar Khusaini, Staf PPRS, Disosnakertran Tebo kepada Teboonline.com.

Khusaini bilang, tahun ini penerima dana Kube ada dua kecamatan, yakni Tebo Tengah dan Rimbo Ilir. Nantinya dana tersebut dapat dialokasikan untuk kegiatan usaha bersama. Misal kata dia, untuk pembelian ternak, usaha rumahan dan banyak lagi lainnya.

"Dananya dikelolah bersama, tidak boleh dibagi-bagikan. Karena jika kegiatan ini berjalan baik, dari pusat bakal memberikan bantuan lagi senilai Rp 30 juta perkelompok," terangnya.

Untuk itu, Khusaini berharap bantuan modal untuk kegiatan usaha bersama ini bisa dimanfaatkan secara optimal. Sebagai kontrol pengawasan, pihaknya terus melakukan monitoring dan pembinaan kepada kelompok yang sudah mendapatkan bantuan modal.

"Kita minta kesadaran masyarakatnya juga untuk memanfaatkan modal tersebut sebaik-baiknya. Kalau habis dak jelas tentulah mubazir," ucapnya meyakini.

Untuk diketahui, tahun ini penerima dana Kube di Kabupaten Tebo mencapai 35 kelompok. Sedangkan pada tahun 2014 lalu penerima dana Kube hanya mencapai 20 kelompok. Artinya tahun ini ada penambahan 15 kelompok penerima dana Kube. Masing-masing kelompok terdiri dari 10 KK dan berhak memperoleh dana Kube sebesar Rp 20 juta.

Sementara itu, tahun 2014 lalu pencairan dana Kube ke tiap kelompok baru terealisasi pada bulan Desember. Diperkirakan untuk tahun ini, realisasi pencairan juga bakal dilakukan pada bulan Desember 2015 mendatang. (crew/de2)

Related News