Warga Minta, Dusun Kelumpang Jaya Dimekarkan

Pujiono dan Eko, warga Dusun Kelumpang Jaya
TEBOONLINE.COM, VIIKOTOILIR -   Masyarakat Dusun Kelumpang Jaya Desa Balai Rajo Kecamatan VII Koto Ilir, minta kepada pemerintah agar dapat dimekarkan. 

Pasalnya, Dusun Kelumpang Jaya sudah cukup padat penduduknya, yakni berpenghuni 500 lebih Kepala Keluarga (KK) dan tak kurang dari 2000 jiwa.

Untuk sarana pendidikan yang ada di Dusun Kelumpang Jaya, seperti SDN, MI dan MTS. Sarana ibadah seperti Masjid dan Mushola, sedangkan untuk infrastruktur seperti yang menjadi jalan utama di Dusun tersebut masih jalan tanah dan perlu adanya pengerasan untuk memperlancar transportasi.                 

Dusun Kelumpang Jaya, yang terletak di seberang Sungai Batang Hari, mata pencaharian masyarakatnya sebagian besar adalah sebagai petani karet dan sawit.    Unruk pusat perbelanjaan sangat jauh dari Dusun Kelumpang Jaya, terpaksa masyarakat di daerah itu harus berbelanja untuk kebutuhan hidup, harus ke pusat pasar HTI.

" Ya, kami minta kepada pemerintah, supaya Dusun Kelumpang Jaya di mekarkan, karena penduduknya sudah cukup banyak dan wilayahnya cukup luas," ungkap Pujiono, tokoh masyatakat Dusun Kelumpang Jaya, pada  Teboonline.com, Rabu (9/4).             

Imbuh Pujiono, Dusun Kelumpang Jaya wilayahnya Cukup luas, sehingga warga yang berada dipenghujung cukup jauh kalau berurusan di sekretariat (tempat Kepala Dusun-red). Apabila Dusun kelumpang Jaya dipecah menjadi dua Dusun akan mempermudah jangkauan warga yang berurusan ke Kepala Dusun.

" Masyarakat Dusun Kelumpang Jaya, sudah menggelar musyawarah membahas tentang pemekaran Dusun Kelumpang Jaya yang dihadiri oleh BPD, dan pihak BPD sangat mendukung pemekaran Dusun Kelumpang Jaya," jelas Pujiono.   

Sementara itu, Karman, Kepala Dusun Kelumpang Jaya dikomfirmasi mengatakan, membenarkan masyarakat  berharap Dusun Kelumpang Jaya bisa dimekarkan, dan apabila Kelumpang Jaya dimekarkan menjadi dua Dusun akan lebih baik, karena masing - masing dusun tersebut bisa saling berkompetisi untuk kemajuan pembangunan dikedua Dusun itu.

" Selain pemekaran di Dusun Kelumpang Jaya, masyarakat mendambakan  perbaikan jalan utama yang saat ini sudah rusak parah di Dusun Kelumpang Jaya, yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat," pungkas Kadus Karman. (asa)             

Related News