SPPT PBB 2015 Sudah Turun, DHKP & Target Alami Perubahan

M.SYARGAWI
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG -  Surat pemberitahuan pajak terhutang Pajak bumi dan bangunan pedesaan perkotaan (SPPT-PBB P2) tahun 2015 Kabupaten Tebo, sudah turun atau dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten Tebo (Dispenda -red).

Penyerahan SPPT PBB tahun 2015, dilakukan oleh Bupati Tebo H.Sukandar dan di terima langsung oleh Lurah dan Kades se Kabupaten Tebo, Rabu ( 8/4), bertempat di pendopo rumah Dinas Bupati Tebo, yang dihadiri oleh SKPD, Camat, Lurah dan Kades se Kabupaten Tebo.                        

SPPT PBB P2 tahun 2015, dapat dipastikan ada mengalami perubahan, baik masalah jumlah objek pajak (OP) maupun besarnya target PBB P2 yang ada di Desa maupun Kelurahan. Pasalnya, pada pertengahan tahun 2014 yang lalu Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Tebo, sudah melakukan pendataan ulang bekerja sama dengan pihak Pemerintahan Desa dan Kelurahan, terkait adanya tumpang tindih SPPT yang tidak sesuai dengan kondisi dilapangan.

" Benar, SPPT PBB P2 tahun 2015 sudah kita terima. Namun, sebelum kita serahkan atau disampaikan kepada wajib pajak (WP), terlebih dulu kita cek SPPT yang ada, dan selanjutnya SPPT tersebut kita teruskan langsung ke masyarakat," ungkap M.Syargawi, Petugas pemungut PBB  Wirotho Agung, pada Teboonline.com, Rabu ( 8/4).            

Imbuh M.Syargawi, Pemerintah Kelurahan Wirotho Agung akan merubah mekanisme penyampaian SPPT PBB P2 tahun 2015, dan merubah mekanisme pemungutan PBB 2015 kepada wajib pajak, seperti SPPT akan disampaikan langsung ke WP oleh petugas Kelurahan dibantu Ketua RT.

" SPPT akan kita sampaikan langsung ke warga, sedangkan untuk pemungutan atau penagihan PBB petugas Kelurahan  akan dor to dor ke warga atau langsung jemput bola," tandas M.Syargawi. 

Sementara, Soedjarijo Lurah  Wirotho Agung dikonfirmasi mengatakan, untuk Wirotho Agung sesuai daftar himpunan ketetapan pajak (DHKP) tahun 2015, target PBB 376.550.302 dan Objek pajak 6395.

" Wirotho Agung, sesuai DHKP tahun 2015 target PBB ada sedikit  mengalami penurunan, kendati penurunannya tidak signifikan. Setelah SPPT kita cek dan diteliti kebenarannya, segera dibagikan ke warga atau wajib pajak, dalam hal ini Ketua RW/RT supaya pro aktif membantu Petugas dari Kelurahan. Kita berharap dukungan seluruh elemen masyarakat, agar target PBB 2015 bisa tercapai untuk PAD Kabuapaten Tebo," tandas, Lurah Soedjarijo. (asa) 

Related News