Pekerjaan GI PLN Tebo Diperkirakan 18 Bulan

BUPATI TEBO H.SUKANDAR S.Kom M.Si
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Pembangunan Gardu Induk (GI) PLN yang selama ini diharapkan masyarakat Tebo, sepertinya sudah didepan mata. Terbukti, kemarin Sukandar Bupati Tebo telah menyerahkan hibah tanah seluas 3 Ha kepada pihak PLN.

Ir. Suaib Sakariah, GM PT. PLN Unit Induk Pembangunan III Palembang dihadapan Bupati Tebo dan anggota Forkapinda yang hadir saat penyerahan lahan hibah tersebut, mengatakan, jika semua prosedeur sudah terpenuhi dan tidak ada hambatan pada pelaksanaannya nanti, kemungkinan besar pekerjaan GI tersebut bisa selesai dalam waktu 18 bulan. Artinya, dalam 18 bulan kedepan, masyarakat Tebo tidak lagi kekurangan pasokan arus listrik.

Dijelaskannya, ada banyak proses yang harus selesaikan untuk pembangunan GI. Diantaranya, pembebasan lahan atau tanah. Setelah itu masuk pada proses lelang pekerjaan yang bisa menghabiskan waktu sekitar 3 sampai 4 bulan. Bulan berikutnya masuk pada proses tandatangan kontrak.

“Alahamdulillah untuk pembebesan lahan sudah selesai. Pemda sudah menyerahkan hibah tanahnya seluas 3 Ha. Tinggal masuk pada proses lelang hingga tanda tanggan kontrak kerja yang diperkirakan bisa menghabiskan waktu sekitar 5 bulan,” ujarnya dihadapan Bupati Tebo dan anggota Forkapinda, kemarin.

Lanjut dia, setelah tandatangan kontrak kerja dilakukan, masuk pada proses pekerjaan fisik. Untuk proses pekerjaan fisik ini bisa menghabiskan waktu sekitar 7 sampai 8 bulan. Pasalnya, peralatan pembangunan GI tersebut hampir 80 persennya dari luar daerah.

“Jadi kalau sesuai rencana waktu yang dibutuhkan sekitar 14 sampai 16 bulan. Dalam artian, 18 bulan kedepan sudah bisa dinikmati,” tuturnya lagi.

Meski demikian, Ir. Suaib Sakariah tetap berupaya pembangunan GI PLN tersebut secepat mungkin. Kapan perlu tidak harus menghabiskan waktu selama 18 bulan. “Pembangunan GI ini kita masukan pada peringkat pertama. Jadi pekerjaannya harus kita genjot agar cepat selesai. Kapan perlu sebelum 18 bulan sudah bisa dinikmati,” tukasnya.

Sementara, Bupati Tebo Sukandar sangat berterima kasih kepada pihak PLN yang telah memprioritaskan pembangunan GI PLN di Kabupaten Tebo. Sebab, sudah lama masyarakat Tebo mengidam-idamkan ada GI PLN sendiri.

“Selama ini pasokan listrik kita dari kabupaten tetangga. Itu pun banyak terkendala sehingga sering terjadi pemadaman listrik dan kekurangan arus listrik. Jika sudah ada GI PLN sendiri, semua ini bisa diatasi. Sebab sudah banyak sms yang saya terima dari masyarkat yang menyatakan di Tebo tiada hari tampa mati lampu,” kata Sukandar kepada Ir. Suaib Sakariah.

Sukandar menegaskan, Pemkab Tebo tidak main-main dalam mensuport pembangunan GI PLN itu. “Kita benar-benar ingin memiliki GI PLN sendiri. Dalam waktu 2 minggu sertifikat lahan sudah selesai. Begitu sudah selesai akan kita landkliring. Bulan Mei mendatang kita akan melakukan peletakan batu pertama. Hal ini kita lakukan karena kita memang benar-benar sangat berharap adanya GI PLN,” pungkasnya. (pri/peta)


Related News