Jelang Pilgub, Nasib Penyelenggara Pemilu Tingkat Bawah Belum Jelas

SOPIAN
Kasi Kantor Camat Rimbo Bujang
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Penyelenggara Pemilu dibawah KPU menjelang Pemilihan Gubernur Jambi yang bakal digelar akhir tahun 2015 ini, nasibnya belum jelas. 

Dikarenakan, belum ada informasi dari KPU apakah akan dilakukan seleksi kembali ataupun perpanjangan SK tugas.

Itu disebutkan Kasi Pemerintahan kantor Camat Rimbo Bujang, Sopian. Menurut sopian yang nota bene adalah Sekretaris Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) pada Pilpres dan Pileg lalu, pihaknya masih menunggu informasi terkait hal itu.

“Mulai dari Panwas, PPK, PPS hingga PPL belum tahu apa mau dipilih lagi atau yang sudah ada diberikan SK lagi, karena sejak Pilpres dan Pileg lalu, semua peyelenggara Pemilu ini hanya berhenti sementara (Vakum_red) karena tidak ada kegiatan dan tidak ada anggaran,” ujar Sopian pada Teboonline.com, Minggu (26/4).

Mungkin saja lanjut Sopian, apabila nanti penyelenggara pemilu yang sudah ada itu akan dipakai lagi, biasanya mereka ini akan diberikan SK baru karena pada SK tersebut juga tidak disebutkan masa periode jabatannya.

Terkait adanya salah satu penyelenggara Pemilu di Kecamatan Rimbo Bujang yang saat dikabarkan telah menyatakan sikap dukungan ke salah satu kandidat Cagub Jambi, Sopian berkomentar bahwa itu sah – sah saja. Karena, seandainya benar ada, yang bersangkutan saat ini tanggung jawabnya sebagai penyelenggara Pemilu sedang vakum.

“Kecuali kalau yang bersangkutan sudah menerima SK baru sebagai penyelenggara pemilu, baru lah yang bersangkutan bisa dikatakan melakukan pelanggaran kode etik sebagai penyelenggara Pemilu,” tukas Sopian. (pri)



Related News