Dukcapil Tebo Buka Pelayanan Langsung

BEKTI FERY DHENSI
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tebo, buka pelayanan langsung. Pelayanan langsung tersebut khusus untuk para pembuat akta, KTP dan KK yang datang langsung ke Dinas Dukcapil atau tanpa belantara.

"Jika yang bersangkutan datang langsung untuk mengurus akta, KTP ataupun KK, akan kita layani langsung. Sehari langsung siap, dengan catatan semua berkasnya lengkap," ujar Bekti Ferry Dhensi Kabid Pendataan Penduduk dinas Dukcapil Tebo, pada Teboonline.com, Senin (28/4).

Dijelaskannya, pelayanan langsung tersebut dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam pengurusan data kependudukan. "Kalau yang bersangkutan datang langsung, kita bisa langsung verifikasi. Sebab yang kita tanya sama orang yang bersangkutan langsung. Jadi prosesnya bisa cepat dan tidak perlu harus mondar mandir lagi. apalagi sampai berhari-hari," tuturnya.

Ferry menegaskan, pelayanan langsung tersebut hanya diperuntukan bagi masyarakat yang datang langsung untuk mengurus data kependudukan, dalam artian bukan perwakilan.

"Jika yang diwakili tetap seperti biasa. Kita akan melakukan pengecekan dokumen dan berkas. Jika tidak lengkap, kita minta dilengkapi. Kalau sudah lengkap tetap akan kita proses," tegasnya.

Meski demikian, Ferry menghimbau kepada masyarakat yang ingin mengurus data kependudukan agar bisa datang langsung ke Dinas Dukcapil tampa diwakili. Sebab prosesnya sudah semakin mudah. "Tidak habis waktu sehari untuk mengurus data kependudukan. Jadi alangkah baiknya bisa datang langsung," pungkasnya.

Pantauan Teboonline.com di Dinas Dukcapil Tebo, beberapa perangkat komputer dan petugas pencatatan data kependudukan telah disiapkan di lantai atas (lantai dua,red). Perangkat komputer dan petugas tersebut sengaja ditempatkan diluar ruangan, selain mempermudah masyarakat dalam mengurus data kependudukan, juga untuk menghindari kesan formal.

"Biar santai, jadi masyarakat tidak sungkan mengurus data kependudukan," tuntasnya. (pri/peta)


Related News