Diam - diam Kasat Pol PP Tebo Cek Ternak Tengah Malam

TAUFIK KHALDY
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Sudah lama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tebo, menerima pengaduan dari masyarakat yang menyatakan banyak hewan ternak berkeliaran pada malam hari.

Terutama di lapangan Mardeka dan lapangan Garuda Kecamatan Tebo Tengah. Untuk memastikan pengaduan masyarakat tersebut, Kasat Pol PP Tebo, Taufiq Khaldy mengaku telah melakukan cross cek di dua lapangan tersebut.

"Beberapa malam yang lalu, sekitar jam 03.00 dini hari saya cek. Ternyata benar pengaduan masyarakat selama ini," ungkap Kasat Pol PP Tebo kepada Teboonline.com dikantornya, Senin (13/4).

"Yang saya temukan 4 ekor sapi di lapangan Merdeka dan sekitar 10 ekor kerbau di lapangan Garuda," beber Kasat sambil mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan razia atau penertiban ternak pada malam hari.

Meski ditemukannya hewan ternak yang berkeliaran pada malam hari, Kasat mengaku saat ini jumlah hewan ternak yang berkeliaran di jalan dan tempat-tempat umum sudah mulai berkurang dari hari sebelumnya.

"Mungkin karena kita sering melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat terutama pemilik ternak dan peternak agar mengkandangkan hewan ternaknya. Juga karena kita turus melakukan razia atau penertiban rutin, lama-lama masyarakat mulai sadar dan mulai mengkandangkan hewan ternaknya," tuturnya.

Terakhir, Kasat tetap menghimbau kepada masyarakat, peternak dan pemilik ternak yang belum mengkandangkan hewan ternaknya, agar tidak membiarkan hewan ternaknya berkeliaran dijalan dan tempat-tempat umum. Jika himbauan tersebut tidak diindahkan, Kasat dengan tegas mengatakan akan menindak sesuai aturan dan Perda yang ada.

"Kita minta masyarakat, peternak atau pun pemilik ternak bisa mengerti dan sadar. Dengan harapan, mereka tidak lagi membiarkan hewan ternaknya berkeliaran bebas di jalan dan tempat-tempat umum," tukasnya.

Terpisah, Andi warga kelurahan Muaratebo sangat mendukung apa yang dilakukan oleh Kasat Pol PP. Dia juga mendukung bila Pol PP Tebo melakukan razia atau penertiban ternak pada malam hari.

"Kalau siang sudah mulai berkurang. Tapi pada malam hari masih banyak yang berkeliaran (Ternak,red). Ini harus ditertibkan. Yang jelas saya sangat dukung jika dilakukan razia malam hari. Dan jika memang ini dilakukan, bearti baru pertama kali Satpol PP lakukan razia hewan ternak pada malam hari," katanya. (pri/peta) 

Related News