Nilai Ujian Sekolah Sebagai Penentu Kelulusan Siswa

SITI KHULIYATUN S.Pd
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Ujian Nasional (UAN) sudah diambang pintu, kemunginan besar akan dilaksanakan pada bulan April 2015 mendatang. Segala persiapan sudah dilakukan semaksimal mungkin. 

Itulah yang dilakukan oleh SMAN 5 Kabupaten Tebo yang dikepalai oleh Siti Khuliyatun.

Namun, pelaksanaan UAN pada tahun ini beda dengan tahun – tahun sebelumnya dimana untuk kelulusan sekolah itu diukur dari nilai UAN. 

Kali ini, sebagai penentu kelulusan sekolah adalah nilai Ujian Akhir Sekolah (UAS) dan rapat musyawarah Guru.

Apabila nilai siswa tersebut dalam mengikuti UAS tidak tuntas, maka jangan harap siswa tersebut bisa lulus sekolah meskipun nilai UANnya cukup bagus. “ Nilai UAS itu sebagai penentu kelulusan sekolah, dengan artiannya bahwa kelulusan siswa itu diserahkan kembali pada pihak Sekolah,” terang Siti Khuliyatun pada Teboonline.com, Selasa (10/3).

Namun, apabila siswa tersebut tidak lulus, siswa tersebut diberikan kesempatan untuk kembali mengikuti UAN susulan yang digelar pada tanggal 20 sampai dengan 22 April dan jadwal UAN sendiri yakni 13 sampai dengan 15 April.

Terkait persiapan jelang UAN, Siti Khuliyatun membeberkan bahwa SMAN 5 sudah dua kali menggelar Tree Out. Kalau mengacu pada nilai UAS untuk pedoman kelulusan sekolah, semua peserta punya nilai tuntas. Namun, kalau dilihat dari Passing Gred itu pastinya ada beberapa yang tidak tercapai.

“ Sesuai 8355, itu tercatat ada 170 siswa. Namun, 1 orang DO sehingga yang bakal ikut UAN besok itu ada 169 siswa,” pungkas Siti Khuliyatun. (rto)

Related News