Mei Mendatang Senam Tebo Sehat Bakal Tampil Di TMII


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Untuk mmpromosikan Kabupaten Tebo di tingkat nasional, pada bulan Mei mendatang Ikatan Senam Kebugaran Tebo (ISKT), yang diketuai oleh Hj. Saniatul Lativa Sukandar, A.Md, AM.Keb akan menampilkan Senam Tebo Sehat (STS) di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

"Kita akan menampilkan STS di TMII untuk mempromasikan Kabupaten Tebo," ujar Ibu Sani sapaan Hj. Saniatul Lativa Sukandar, A.Md, AM.Keb, kepada Teboonline.com, Senin (2/3).

Dijelaskannya, STS merupakan senam kebugaran yang gerakannya sangat kental dengan keseharian masyarakat Tebo, diantaranya gerakan dodos buah sawit, deres getah karet, dayung perahu dan lain sebagainya. 

"Untuk Jambi, dari 10 Kabupaten kota baru Tebo yang memiliki STS dan itu merupakan aset daerah yang mesti disosialisasikan dan dikembangkan. Dan ini rutin setiap tahun kita lombakan di tingkat kabupaten," tuturnya.

Lanjut dia, penciptaan STS sudah dimulai pada tahun 2011 lalu. Namun karena segala sesuatunya, STS baru bisa terlaksana pada 2013. "Ini (STS,red) salah satu kontribusi ISKT terhadap dunia olahraga dan kesehatan. Dan saat ini kita tengah memproses atau mengurus hak ciptanya (Hak paten,red) agar keberadaan STS diakui," jelasnya.

Sani juga mengatakan, saat ini ISKT sudah terbentuk disetiap Kecamatan, dan itu sudah dilakukan pelantikan kepada seluruh pengurus ISKT. Tujuannya pembentukan ISKT untuk mengembangkan dan mensosialisasikan STS keseluruh masyarakat Tebo.

Dalam usia yang mengijak 2 tahun, ISKT berencana akan mengadakan perlombaan STS yang diikuti oleh seluruh kabupaten kota se Provinasi Jambi. Dalam pelaksanaannya nanti, setiap utusan dari kabupaten kota se Provinsi Jambi akan diberi pelatihan STS yang nantinya dibimbing langsung oleh pelatih. 

"Dengan begitu, mudah-mudahan STS dikenal oleh semua kalangan," pungkasnya berharap. (crew/peta)

Related News