Emping Kedelai Marem Milik Samsiah Rambah Dua Kabupaten

Samsiah, pengrajin Emping Kedelai
Marem saat memperlihatkan hasil produksinya
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Pengrajin Emping Kedelai Marem yang di usahai oleh Samsiah (43) warga jalan Jendral Sudirman RT 03 RW 11, Kelurahan Wirotho Agung Kecamatan Rimbo Bujang, saat ini sudah mulai maju selangkah menerobos pasaran penjualan sampai ke mini market yang ada di Kabupaten Tebo dan Kabupaten Bungo.

Kendati usaha Emping kedelai milik Samsiah berawal dari usaha kecil- kecilan alias merangkak, namun berkat ketekunan dan keuletan Samsiah dibantu tenaga kerja keluarga dan tetangganya, kini usaha yang ditekuninya itu sudah lumayan dan dapat menghasilkan jutaan rupiah pada setiap bulannya.               

Usaha Emping kedelai milik Samsiah, sudah berjalan 2 tahun lebih. Usaha Emping kedelai tersebut berawal Samsiah terinspirasi dari usaha Emping kedelai dan mengikuti jejak saudaranya yang ada di Ambarawa, Jawa tengah.

Kini usaha Emping kedelai milik Samsiah tersebut menggunakan  tenaga kerja 6 orang dari keluarga dan tetangga. Selain produk Emping kedelai dijual atau dipasarkan di toko, mini market juga Samsiah menerima pesanan warga untuk hajatan pesta dan pesanan untuk hari raya lebaran.

" Benar, Emping kedelai kita pasarkan sampai ke mini market yang ada di Kabupaten Tebo dan Kabupaten Bungo," Terang Samsiah, pada Teboonline.com, Selasa (31/3).     

Proses pembuatan Emping kedelai, imbuh Samsiah, diawali seperti membuat tempe lalu digoreng dan dibungkus dalam kemasan plastik selanjutnya dipasarkan. Bahan bakunya kedelai, tepung beras dan tapioca.

" Saat ini kita bisa memproduksi sekitar 200 kg Emping kedelai dengan penghasilan tak kurang dari Rp 5 juta perbulan. Kita masih memerlukan tambahan modal pinjaman lunak dari pemerintah, untuk mengembangkan usaha, seperti kebutuhan penambahan kompor besar gas, pisau pemotong dan kuali besar, untuk memperlancar penambahan produksi Emping kedelai," pungkas Samsiah. (asa)         

Related News