Dukcapil Tebo Bantah Persulit Pembuatan KK dan KTP

BEKTY FERRY DENSI
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Adanya dugaan jika Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Tebo dinilai mempersulit pengurusan KK dan KTP, dibantah oleh, Kabid Pengembangan Kependudukan Dinas Dukcapil Tebo, Bekti Ferry Densi.

Ditegaskannya, bagi warga yang ingin mengurus KK dan KTP, namun mereka (Warga,red) berhalangan atau tidak bisa datang langsung ke Kantor Dukcapil Tebo, pengurusannya bisa diwakili atau dikuasai dengan catatan harus membuat surat kuasa sendiri. Alasannya, kata dia, surat kuasa tersebut merupakan pertanggungjawaban Dukcapil secara hukum untuk menerbitkan KK dan KTP.

"Bukan kita tidak percaya. Tapi sudah sering saya temukan beberapa berkas pengurusan KK dan KTP yang dikuasakan. Tapi setelah surat kuasanya saya cek, format dan bentuk tulisan sama, hanya nama dan tandatangan pemberi kuasa saja yang berbeda. Jadi, wajar saja kalau kita was-was dan melakukan antisipasi," jelasnya pada Teboonline.com.

Untuk membuat surat kuasa, lanjut Ferry, pihaknya juga memberi kemudahan dengan cara tidak mesti memakai materai. Dengan tujuan tidak membebani warga dalam pengurusan KK dan KTP.

"Kalau mau ikuti aturan sebenarnya, pengurusan KK dan KTP tidak boleh diwakili atau dikuasai. Namun, kita tidak mau mempersulit, masih kita toleransi. Warga yang tidak bisa datang langsung untuk mengurus, bisa dikuasai dengan membuat surat kuasa, dan itu pun tidak mesti pakai materai. Hanya saja kita minta kepada pemberi kuasa untuk menulis sendiri surat kuasanya. Jika warga tidak bisa menulis suarat kuasa baru bisa diwakili menulisnya. Jadi sudah sangat dipermudah sekali," kata Feri lagi.

Terakhir, Ferry menghimbau kepada warga yang ingin mengurus data kependudukan agar datang langsung ke Kantor Dinas Dukcapil Tebo. "Jika datang langsung tidak perlu lagi membuat surat kuasa. Akan kita layani tanpa dipungut biaya sepeser pun atau gratis," pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang berkembang ditengah masyarakat, Dinas Dukcapil Tebo dinilai mempersulit pengurusan KK dan KTP. Pasalnya, pihak Dukcapil minta syarat pembuatan KK dan KTP yang diwakilkan harus menggunakan surat kuasa bertulisan tangan dari yang bersangkutan. (crew/peta)

Related News