DPC PDIP Tebo Didemisioner, Basuki : Hasil Penjaringan Calon Ketua DPC PDIP Tebo Ditolak DPP

PS Basuki, Sekretaris PAC Rimbo Bujang didampingi
Widiyanto, Kader PDIP
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Tebo, saat ini di Demisioner atau di bekukan sementara waktu, dan Kepengurusannya diambil alih oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Provinsi Jambi dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Pasalnya, dilakukannya Demisioner DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tebo karena masa bhakti kepengurusannya yang dikomandoi Wartono Triyan Kusuma dan Mesran selaku Sekjend sudah berakhir pada tahun 2014 yang lalu.               

Informasi yang dihimpun dilapangan, DPC PDIP Tebo ini, sudah menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) PDIP beberapa waktu yang lalu, bahkan sempat terjadi dua versi penjaringan nama bakal calon (balon) Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tebo.

Namun, dua versi penjaringan balon Ketua DPC PDIP Tebo tersebut dianggap cacat hukum atau batal oleh pihak DPD PDIP Provinsi Jambi dan DPP PDIP. Hal itu seperti yang dikatakan oleh PS Basuki, Sekretaris PAC Kecamatan Rimbo Bujang.

" Benar, hasil Konfercab PDIP Kabupaten Tebo melalui dua versi penjaringan nama balon Ketua DPC PDIP Tebo, setelah diteruskan ke tingkat DPD PDIP Provinsi Jambi dan melalui vit and propertes dinyatakan ditolak alias batal oleh Pihak DPD dan DPP PDI Perjuangan, alasannya belum memenuhi administrasi," papar PS Basuki, pada Teboonline.com, Minggu (1/3).       

Lanjut Basuki, bukan hanya Kepengurusan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tebo saja yang saat ini di Demisioner, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bungo juga di Demisioner. Sedangkan 7 DPC PDIP Kabupaten dan 2 DPC PDIP Kodya yang ada di Provinsi Jambi sukses menggelar Konfercab pemilihan Ketua DPC PDI Perjuangan yang baru.

" Seharusnya, dalam waktu dua hari ini Konfercab penjaringan nama - nama Ketua DPC PDI Perjuangan Tebo harus kelar dan tuntas. Masalahnya, 4 Maret 2015 nanti akan digelar Konferensi Daerah (Konferda) di Jambi. Dalam Konferda tersebut akan ditindak lanjuti hasil Konfercab PDIP Tebo," terang PS Basuki. 

Ditambahkan Widianto, Kader PDI Perjuangan Kabupaten Tebo, ia membeberkan terkait Konfercab DPC PDIP Tebo melalui dua versi penjaringan nama balon Ketua DPC PDIP Tebo, kendati dirinya tidak merinci secara detail kronologi penjaringan tersebut.

" Versi penjaringan pertama, muncul nama Suwarno dan lainnya balon Ketua DPC PDIP Tebo. Versi penjaringan kedua, dari beberapa nama calon, muncul nama Wartono Triyan Kusuma dan lainnya sebagai balon Ketua DPC PDIP Tebo. Realitanya, dua versi hasil penjaringan tersebut dibatalkan oleh DPD maupun DPP PDI Perjuangan," ujar Widianto menimpali.

Sementara itu, Mesran yang nota bene adalah Sekjend DPC PDIP Kabupaten Tebo yang baru saja habis masa kepengurusannya dengan diakhiri demisioner saat dikonfirmasi Teboonline.com mengatakan bahwa terjadi demisioner karena DPC sedang terjadi kekosongan kepengurusan dan saat ini sedang dalam proses penjaringan untuk memilih Ketua DPC PDIP yang baru.

“ Karena terjadi kekosongan ya jadi di demisioner dan pengurus diambil alih yang diatasnya, terkait info ada dua versi penjaringan calon Ketua DPC PDIP Tebo, DPP minta agar penjaringan diulang karena penjaringan pertama terjadi kekurangan administrasi. Namun pada penjaringan yang kedua, ada penambahan satu calon Ketua DPC yakni Wartono Triyan Kusuma,” ujar Mesran saat dihubungi via HP kemarin. (asa)

Related News