Bupati Tebo Minta Terminal Tidak Dialih Fungsikan

Terminal Tebo yang berlokasi di KM 7 Kecamatan Tebo Tengah
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Hingga saat ini, terminal Tebo yang berada di KM 7 Kecamatan Tebo Tengah, belum juga dioperasikan. Padahal, terminal yang telah menghabiskan anggaran Milyaran rupiah tersebut, telah memiliki sarana yang memadai untuk beroperasi.

Bupati Tebo Sukandar sewaktu dikonfirmasi terkait terminal tersebut mengatakan, status atau tife terminal sudah ada. Namun dirinya belum tahu apakah terminal itu bertipe A, B atau C. 

"Tipe terminalnya sudah ada. Saya juga belum tahu apa tipe A, B atau C. Yang jelas kita berharap agar terminal itu segera dioperasikan," ujar Sukandar usai rapat paripurna DPRD Tebo dalam rangka penyampaian nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kinerja Bupati Tebo 2014, di kantor DPRD Tebo.

Meski belum dioperasikan, Sukandar minta agar fungsi terminal tersebut jangan dialih fungsikan. "Saya berharap terminal jalan terus sambil dievaluasi. Nanti kita minta petunjuk dari Gubernur dan minta agar jangan dialih fungsikan," harapnya.

Selanjutnya, Bupati berharap terminal Tebo tersebut berkembang selayaknya hingga benar-benar berfungsi. Pasalnya, kota Tebo bakal berkembang selayaknya kota, dan itu harus didukung dengan fasilitas terminal.

Terpisah, Anto warga Kecamatan Tebo Tengah minta kepada Pemkab Tebo melalui dinas terkait agar segera mengoperasikan terminal tersebut. Pasalnya, kata dia, jika pengoperasian terminal tersebut tidak segera di realisasikan, maka fasilitas yang ada yang sudah dibangun sejak beberapa tahun lalu akan rusak. Dan itu nantinya akan kembali menelan anggaran yang tidak sedikit untuk melakukan perbaikannya.

“Sarananya sudah ada, juga sudah menghabiskan banyak anggaran untuk membangunnya, jadi kita harapkan agar segera di fungsikan. Jangan dibiarkan sia-sia,” kata Anto.

Sementara, Iwan P, Ketua Lembaga Pemantau Tindak Pidana Korupsi (LP-Tipikor) Jambi, sewaktu diminta tanggapannya mengatakan, sebenarnya untuk mengoperasikan terminal tersebut Pemkab Tebo dalam hal ini Bupati Tebo, tidak perlu minta petunjuk dari Gubernur. Pasalnya, kata dia, saat ini sudah otonomi daerah, jadi daerah berhak mengatur wilayahnya.

"Untuk pengoperasian terminal kok minta petunjuk Gubernur. Jadi apa guna Dinas perhubungan," kata Iwan.

Lanjut Iwan, jadi dalam pengoperasian terminal, Bupati tidak perlu lagi minta petunjuk ke Gubernur. Menurut dia, Bupati harus intruksikan dinas terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo), untuk segera mengoperasikan terminal tersebut.

"Pemkab harus inovasi dan berani mengambil trobosan baru. Untuk mengoperasikan terminal itu kan tugas Dishubkominfo. Intruksikan kepadanya bagaimana pun caranya agar segera mengoperasikan terminal tersebut," paparnya.

Menurut Iwan lagi, fasilitas yang ada saat ini di terminal Tebo sangat tidak layak. Jadi, dilihat kondisinya besar kemungkinan Gubernur tidak akan meresmikan terminal tersebut. "Dari awal terminal tersebut dibangun dengan banyak permasalahan. Begitu juga dengan perencanaan yang tidak jelas. Dan begitu dilakukan pekerjaan lanjutan pada 2013 kemarin, dikerjakan asal-asalan. Jadi masih tidak pantas," pungkasnya. (pri/peta)

Related News