Batik Dan Songket Tebo Dinikmati Artis


TEBOONLINE.COM, MURATEBO - Hasil kerajinan batik dan kain songket Kabupaten Tebo, sangat dinikmati oleh masyarakat banyak. Tidak saja masyarakat Tebo dan luar Tebo, ternyata kain batik dan kain songket Tebo juga diminati oleh para kalangan artis. Hal itu diungkapkan oleh Hj Saniatul Lativa Sukandar Am.Keb, Ketua Dekrnasda Kabupaten Tebo.

"Bukan masyarakat umum saja yang suka dengan batik dan Songket kita. Tapi kalangan artis juga suka. Sudah ada beberapa artis yang mengenakan batik dan Songket produk kita. Bahkan Tantowi Yahya juga sudah pesan. Mereka yang pesan mengatakan jika motif batik kita punya karakter sendiri," ujar Ibu Sani sapaan Saniatul Lativa yang saat ini duduk di Komisi IX DPR RI, Senin (2/3).

Dijelaskannya, ada 6 motif batik dan 2 motif songket produksi Kabupaten Tebo. 6 motif batik yaitu motif tapak kudo, motif bungo tanjung, motif pawn, motif bungo paku dan buah sawit, motif tapak kudo, buah dan daun sawit, dan motif bungo tanjung, buah dan daun sawit. "Dua motif kain songket yaitu motif tapak kudo dan motif bungo tanjung," bebernya.

Ibu Sani juga mengatakan jika ke enam motif batik dan dua motif songket tersebut sudah mendapat pengakuan atau hak cipta dari Kemenkum dan Ham pada tahun 2013. Dalam artian karya kreatifitas tersebut adalah asli milik Tebo.

Saat disinggung Teboonline.com sejak kapan Ibu Sani mulai tertarik merancang motif batik Tebo, dia menjelaskan, awal ketertarikannya pada tahun 2011 yang lalu saat melihat penemuan kepingan logam dan perhiasan kuno di Kecamatan VII Koto. 

"Dari situ saya tertarik menuangkan motif yang ada pada kepingan logam dan perhiasan tersebut dalam bentuk batik. Eh, ternyata setelah selesai dan dijadikan kain batik, ternyata banyak peminatnya," tuturnya lagi.

Saat ini, lanjut dia, rata-rata anak sekolah dan PNS di Kabupaten Tebo telah menggunakan batik khas Tebo. Tidak itu saja, kata dia, baru-baru ini para guru PAUD sudah minta agar mereka dan anak-anak PAUD juga memakai baju batik khas Tebo. 

"Mereka (Guru PAUD,red) tertarik dengan kain batik bermotif Bungo Tanjung. Namun saya sarankan agar mereka menggunakan motif pown. Karena motif tersebut karakter anak-anaknya. Yang jelas saat ini batik Tebo sudah mulai dilirik oleh semua kalangan," pungkasnya. (crew/peta)

Related News