40 % Mobil Angkutan Barang Di Rimbo Bujang, Tak Bayar Kir



Ilustrasi
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Realita, berkisar 40 persen pemilik kendaraan roda empat (Mobil angkutan barang_red) tak membayar retribusi salah satunya Kir. 

Bayangkan saja, sesuai data yang ada di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishub Kominfo) Kabupaten Tebo, tak kurang dari 2000 mobil  angkutan barang di Kecamatan Rimbo Bujang, hanya sekitar 700 armada angkutan barang yang aktif membayar retribusi Kir, data tersebut terekspose pada tahun 2014.           

Retribusi Kir kendaraan roda empat, selain retribusi lainnya disektor perhubungan yang dikelola oleh Dishub Kominfo, yang merupakan untuk sumber pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tebo, seiring melemahnya perekonomian masyarakat, pendapatan hasil retribusi Kir kendaraan roda empat pada tahun 2014 belum memadai,

" Benar, berkisar 40 persen pemilik mobil angkutan barang tak membayar retribusi Kir pada tahun 2014, khusus di wilayah Kecamatan Rimbo Bujang,” papar Kadar Hindratno, Master Kir Dishub Kominfo Tebo, pada Teboonline.com, Selasa (3/3).          

Upaya yang dilakukan Dishub Kominfo Tebo, imbuh Kadar Hindratno, selain memberikan sosialisasi kepada pengusaha angkutan dan pemilik kendaraan terkait pentingnya membayar Kir untuk PAD Kabupaten Tebo, elain tersebut, petugas Dishub Kominfo turun ke jalan menggelar razia terhadap kendaraan roda empat yang Kir nya sudah mati dan lainnya.

" Kita himbau kepada pengusaha dan pemilik kendaraan angkutan barang untuk membayar retribusi Kir untuk PAD Tebo, selain Kir untuk melengkapi surat -  surat kendaraan lainnya, demi untuk kelancaran beroperasinya kendaraan diperjalanan," tegas Master Kir Hindratno.             

Sementara itu, Suwandi Kepala UPTD Terminal Rimbo Bujang dikonfirmasi mengatakan, membenarkan kurangnya kesadaran pemilik kendaraan angkutan barang di Rimbo Bujang untuk membayar Kir, hal tersebut terbukti banyaknya kendaraan roda empat putar kepala atau arah, tak berani melintasi TKP razia karena Kirnya sudah mati takut terkena razia.

" UPTD Terminal Rimbo Bujang, sekarang ini tak lagi menerima tempat pembayaran Kir setiap hari Kamis seperti biasanya. Untuk urusan Kir sekarang langsung ke Kantor Dishub Kominfo, di komplek Pemda Seentak Galah Serengkuh Dayung Kabupaten Tebo," pungkas Suwandi. (asa)       

       

Related News