Warga Sungai Pandan, Dambakan Pasar Tradisional

TEBOONLINE.COM, RIMBOULU - Desa Sungai Pandan Kecamatan Rimbo Ulu, letak geografisnya di penghujung Rimbo Ulu  berbatasan dengan Kabupaten Bungo, dengan penduduk lebih kurang 441 Kepala Keluarga (KK) dan sekitar 2000 jiwa.

Mata pencaharian dan penghasilan utama masyarakatnya dari kebun karet. Sampai dengan sekarang ini, Desa Sungai Pandan belum memiliki pasar Kalangan (Pasar tradisional_red). Selama ini, masyarakat Sungai Pandan  berbelanja untuk kebutuhan hidup, terpaksa harus ke pasar kalangan yang ada di Desa Suka Maju.

Bahkan, sebagian masyarakat ada yang berbelanja ke Muara Bungo yang jarak tempuhnya mencapai 50 km dari Sungai Pandan. Selain itu, masyarakat Sungai Pandan sebagian lagi ada yang berbelanja ke pasar Sarinah Rimbo Bujang, yang jarak tempuhnya berkisar 30 km dari Sungai Pandan.   

Untuk menopang laju pertumbuhan ekonomi masyarakat di Desa Sungai Pandan sangat dibutuhkan kehadiran pasar tradisional. Pasalnya, income yang ada di Sungai Pandan selama ini harus disedot keluar Desa Sungai Pandan atau keluar Kecamatan Rimbo Ulu, itu dikarenakan tidak adanya pusat pasar perbelanjaan di Sungai Pandan.

" Puluhan tahun masyarakat mendambakan pembangunan pasar tradisional di Desa Sungai Pandan, masyarakat berbelanja kebutuhan sehari - hari harus keluar dari Sungai Pandan yang jarak tempuhnya cukup jauh," papar Abdul Rasyid, Tokoh masyarakat Sungai Pandan, pada Teboonline.com, Minggu (8/2).  

Imbuh Abdul Rasyid, selain masyarakat Sungai Pandan sangat mendambakan pembangunan pasar tradisional , juga merindukan pembangunan akses jalan, dari jalan tanah menjadi jalan pengerasan dan jalan pengerasan menjadi jalan aspal. Kesemuanya pembangunan fisik tersebut, untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteran masyarakat Sungai Pandan.

" Kami masyarakat Sungai Pandan, berharap kepada Pemkab Tebo dan waki rakyat di legislatif, agar dapat merealisasikan apa yang menjadi usulan masyarakat Sungai Pandan," tutur tokoh masyarakat Abdul Rasyid.        

Peltu Kades Sei Pandan, Muhtadi dikonfirmasi mengatakan, keinginan masyarakat Desa Sungai Pandan sudah diusulkan dalam rapat musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Desa, yakni usulan pembangunan pasar tradisioanal, perbaikan dan pengaspalan jalan, pemasangan listrik PLN dan usulan pembangunan lainnya, yang menjadi prioritas Desa Sungai Pandan.

" Benar, Musrenbang Desa Sungai Pandan sudah kita laksanakan, selanjutnya hasil Musrenbang tingkat Desa kita teruskan ke Musrenbang tingkat Kecamatan. Kita berharap, hasil musrenbang Desa Sungai Pandan dapat direalisasikan oleh Pemerintah pada tahun 2016 mendatang," pungkas Peltu Kades Sungai Pandan Muhtadi. (asa)        

Related News