Tanah Fasum Desa Purwoharjo Dikuasai Perorangan

 TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Lemahnya pengawasan pihak Pemerintah Desa terhadap inventarisasi desa yang telah menjadi asset, membuat asset desa menjadi dikuasai oleh perorangan. Seperti tanah Fasilitas Umum (Fasum), itu diakui oleh Sekdes Purwoharjo, Suwarno.

“ Tanah Fasum di desa Purwoharjo semuanya dikuasai oleh perorangan, seperti dijadikan Kebun Karet,” ujar Suwarno pada Teboonline.com saat dimintai keretangannya terkait jumlah luasan tanah Fasum dan Tanah Kas Desa (TKD) Purwoharjo, Senin (9/2).

Terkait luasan tanah Fasum desa Purwoharjo lanjutnya, Fasum seluas 15 Hektar dan TKD seluas 2 Hektar. Saat ini, pihak desa Purwoharjo sedang menyusun pos – pos Peraturan Desa (Perdes) sebagai salah satu upaya menyelematkan asset desa yang telah dikuasai oleh perorangan tersebut.

“ Salah satu Perdes nanti mengatur tentang tanah Fasum yang dikuasai perorangan, seperti warga yang menguasai tanah Fasum harus memberikan kontribusi kepada pihak desa, kan tanah Fasum banyak yang jadi Kebun karet,” beber Sekdes.

Namun lanjut Sekdes, saat pembuatan Perdes ini, pihaknya mengaku menemui benturan tentang Perda Tebo Nomor 13 tahun 2012 tentang susunan organisasi dan tata kerja Pemerintahan Desa yang tidak sinkron dengan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

“ Pembuatan Perdes terhenti karena kami baca dengan teliti, Perdes terbentur akibat perbedaan susunan organisasi yang tertuang Perda Tebo dengan UU,” kilah Sekdes mengakhiri. (crew)

Related News