MGO FZS Belum Terdaftar, Bupati Tebo Bakal Panggil Kesbangpol Linmas

H.SUKANDAR S.Kom M.Si
BUPATI TEBO
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Meski sudah belasan tahun beraktivitas di wilayah Kabupaten Tebo, namun hingga saat ini LSM asing atau NZO FZS belum melaporkan keberadaanya secara resmi ke Pemkab Tebo. 

Terbukti, sampai sekarang keberadaan NGO FZS tidak terdaftar di kumpulan data jumlah Ormas, LSM maupun lembaga asing.

Hal itu mendapat sorotan dari Bupati Tebo, Sukandar. Dengan tegas dia menyatakan akan memanggil kepala Kesbangpol Linmas dan minta untuk menyelidiki kebaradaan lembaga asing tersebut. 

"Terkait keberadaan FZS, saya akan panggil Kesbangpol untuk menyelidiki ini," ujar Sukandar kepada sejumlah wartawan di kantornya, kemarin.

Tidak itu saja, Sukandar juga berjanji akan melakukan indentivikasi terkait keberadaan FZS. "FZS memang ada, tapi di Tebo kantornya tidak ada. Yang jelas saya akan melakukan indentivikasi dahulu," tuturnya lagi.

Sukandar juga mengaku, semenjak dirinya menjabat Bupati Tebo, belum pernah pihak FZS melakukan koordinasi maupun komunikasi dengan dirinya. 

"Wadahnya saya tidak tahu karena tidak pernah komunikasi. Tapi keberadaan memang ada. Nanti saya tanyakan apakah ini hubungan antar negara yang izinnya cukup di Kementerian, atau seperti apa," pungkasnya.

Untuk diketahui, beberapa waktu yang lalu mahasiswa Tebo yang tergabung dalam HMI Tebo melakukan aksi di kantor DPRD Tebo. Salah satu tuntutan yang diteriakan oleh massa HMI saat berorasi adalah minta kepada anggota DPRD Tebo dan Pemkab Tebo agar melakukan sidak ke Semerantihan Kecamatan Sumay, dimana lokasi tersebut merupakan tempat atau wilayah FZS melakukan aktivitas.

Beberapa minggu kemudian, Rido salah satu pihak FZS berkunjung ke kantor Kesbangpol Linmas dan berjanji akan melaporkan keberadaannya secara resmi ke Pemkab Tebo. Laporan itu, kata Rido, akan disampaikan kepada Pemkab Tebo melalui Kesbangpol Tebo, setelah pihaknya selesai melaporkan keberadaannya secara resmi ke Kesbangpol Provinsi Jambi.

Beberapa minggu kemudian, Syamsu Rizal, Wakil DPRD Tebo saat dikonfirmasi Teboonline.com di kantornya juga berjanji dalam waktu dekat akan memanggil pihak FZS, untuk melakukan kordinasi. Sayangnya, sampai saat ini tuntutan mahasiswa, janji Rido yang mewakili pihak FZS dan Syamsu Rizal Sebagai Wakil DPRD Tebo, belum terealisasi. (crew/peta)

Related News