Komunitas Pecinta Batu Mulia Tebo Bakal Dibentuk

Lurah Wirotho Agung saat memperlihatkan Batu mulia produk Tebo
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Menjamurnya pencinta batu mulia atau batu cincin di Kecamatan Rimbo Bujang khususnya dan Kabupaten Tebo pada umumnya, menginspirasi Lurah Wirotho Agung didukung oleh pengrajin dan pencinta batu cincin, dalam waktu dekat ini akan membentuk dan mendeklarasikan Komunitas pecinta batu mulia batang hari Kabupaten Tebo.

Pengurus dan anggota Komunitas pecinta batu mulia Tebo, direkrut dari pengrajin dan pencinta batu cincin yang ada di Kecamatan Rimbo Bujang sekitarnya. Latar belakang akan dibentuknya Pengurus Komunitas pencinta batu mulia Tebo, mengingat maraknya pengrajin dan pencinta batu cincin, serta potensi Bumi Seentak Galah Serengkuh Dayung Kabupaten Tebo, menyimpan kekayaan batu mulia (Alam_red) yang dapat dibuat batu hiasan cincin, kalung atau liontin dan lainnya, yang berkwalitas dan tak kalah indahnya dari batu alam yang terkenal dari daerah luar Provinsi Jambi.

Terutama potensi batu alam yang ada di aliran Sungai Batanghari, seperti di aliran sungai batang hari Kecamatan VII Koto dan Kecamatan Tebo Ulu. " Ya, saya didukung oleh sejumlah pengrajin dan pencinta batu cincin, dalam waktu dekat ini akan membentuk dan mendeklarasikan Pengurus Komunitas pencinta batu mulia Tebo, Kecamatan Rimbo Bujang," ungkap Soedjarijo, Lurah Wirotho Agung, pada Teboonline.com, Jumat (20/2).        

Tujuan dibentuknya Komunitas pencinta batu mulia Tebo, imbuh Soedjarijo, dalam rangka menggali dan memasyarakatkan batu alam Tebo, selain untuk menambah penghasilan masyarakat, juga untuk memperkenalkan ke daerah luar bahwa Kabupaten Tebo memiliki sumber daya alam berupa batu untuk bahan perhiasan.

Dengan adanya komunitas tersebut, diharapkan masyarakat akan mencintai perhiasan dari batu alam asli Kabupaten Tebo. Dan pada gilirannya nanti, orang luar akan berminat ikut membeli batu alam asli Tebo tersebut.             

Sementara itu, Bujang Endita yang merupakan tokoh masyarakat dan putra daerah asli Tebo, ia sangat mendukung inisiatif Lurah Wirotho Agung yang akan mendeklarasikan Komunitas pencinta batu alam batang hari Kabupaten Tebo.  

" Kita sangat mendukung Lurah Wirotho Agung yang akan mendeklarasikan Komunitas pencinta batu alam Tebo. Dengan adanya komunitas tersebut, nantinya bisa menjembatani batu mulia Tebo yang layak mempunyai hak paten dan di sertifikatkan. Dan kontes batu mulia bisa di gelar di Rimbo Bujang khususnya dan Kabupaten Tebo pada umumnya," pungkas Bujang Endita.                     

Diketahui, jenis batu mulia atau alam asli dari sungai batang hari Kecamatan VII Koto dan Kecamatan Tebo Ulu, seperti batu limau manis batang hari, lumut batang hari, teratai bunga batang hari, mentiko melati putih dan masih banyak lagi jenis batu alam yang ada di aliran sungai batang hari Kabupaten Tebo. (asa)                         

Related News