Bupati Tebo Hadiri Pesta Perak Punguan Silahisabungan Ke 25 Tahun

Bupati Tebo H Sukandar disambut Ketua Marga pada acara pesta Perak Perak Punguan Silahisabungan

Bupati Tebo H Sukandar menerima kain Ulos sebagai bentuk penghargaan dari marga Silalahi

Bupati Tebo H Sukandar mengenakan Kain Ulos pemberian dari Marga Silalahi

Para tamu undangan pada pesta Perak Punguan Silahisabungan
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG – Bupati Tebo Sukandar, Selasa kemarin (24/2) menghadiri acara pesta perak Punguan Silahisabungan (Ulang tahun_red) yang ke 25 tahun. Pesta Perak merupakan perayaan warga Batak Marga Silalahi asal Sumatera Utara.

Pesta Perak yang digelar di eks gedung Qinet atau dibelakang Gereja Khatolik desa Perintis Kecamatan Rimbo Bujang, selain dihadiri perkumpulan marga Silalahi Kabupaten Bungo dan Tebo, juga dihadiri seluruh marga Batak yang ada di Kecamatan Rimbo Bujang.

Pada sambutannya, Ketua panitia pesta Perak, dr Pinasa Haloho mengatakan bahwa punguan pomparan raja silahisabungan anak, boru, bere dan ibebere Rimbo Bujang dan sekitarnya adalah perkumpulan orang batak yang termasuk dalam rumpun keturunan Raja Silahisabungan yang terdiri dari berbagam macam marga yang terbentuk 25 tahun yang lalu.

Sementara, Wakil Ketua Parna, Suherman Sitanggang menambahkan, pesta Perak digelar pada usia 25 tahun dan saat usia 25 tahun kemudian atau 50 tahun baru lah akan digelar pesta Emas dimana didalamnya terdiri dari 47 perkumpulan marga – marga dari Kabupaten Tebo, Bungo, Merangin, Sarolangun dan Dharmasraya.

Bupati Tebo H Sukandar, usai menerima penghargaan pemberian Selendang Kain Ulos pada sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya atas pemberian Ulos tersebut dan kepada seluruh warga Batak yang hadir pada acara tersebut, Sukandar menghimbau agar tidak membeda – bedakan ras, suku dan agama.

“ Saya sangat berterima kasih atas pemberian Ulos ini dan baru kali ini saya diundang dan menghadiri pesta Perak, semoga pesta perak ini dapat lebih memperat tali silaturahmi kepada seluruh lapiran masyarakat khususnya masyarakat Batak yang ada di Kabupaten Tebo,” ujar Bupati Tebo Sukandar. (husni)

    

Related News