Sukandar : SDM Tebo Holding Company Minim

BUPATI TEBO H SUKANDAR
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dalam menjalankan usahanya, Tebo Holding Company (THC) yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Tebo yang didirikan pada tahun 2001 yang lalu, mengalami banyak kendala. 

Hal itu yang membuat THC jarang menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu dikatakan Bupati Tebo, Sukandar .

Menurut Sukandar, salah satu kendala yang dihadapi THC adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang belum berpengalaman. Contohnya kata Bupati, pada usaha kayu yang dilaksanakan di Kecamatan VII Koto. 

"Sudah dilakukan usaha kayu, tapi dalam perjalanannya SDMnya yang tidak siap. Makanya belum menghasilkan PAD," ujar Sukandar pada Teboonline.com di ruang kantornya, Selasa (27/1).

Meski demikian, lanjut Sukandar lagi, THC terus berupaya untuk membuka bidang-bidang usaha lain seperti biro travel, mini market dan lain sebagainya. Dengan tujuan agar bisa meningkatkan PAD Tebo.

"Usaha yang ada saat ini adalah perkebunan yang bekerjasama dengan PT TMA. Hasil dari perkebunan ini nantinya akan menghasilkan PAD dan disetorkan ke kas daerah," tuturnya.

Lebih lanjut Sukandar mengatakan, kerjasama antara THC dengan PT TMA mempunyai aturan main. Diantaranya setiap laba atau keuntungan dibagi sesuai persentase. 

"Ada hitungannya berapa persen keuntungan untuk THC dan berapa persen untuk PT TMA. Nanti keuntungan untuk THC dibagi lagi berapa persen untuk THC dan berapa persen untuk kas daerah. Yang jelas, karena ini usaha bidang perkebunan, jadi keuntungannya tidak bisa dihitung atau diambil setiap bulan. Tapi setiap tahunnya pada akhir tahun ketika tutup buku," jelasnya.

Selain usaha mini market dan biro travel, kata Sukandar lagi, THC juga tengah kosentrasi menjalin kerjasama dengan perusahaan korea untuk pembangunan Power Palnt. 

"Jika kerjasama ini berhasil, saya yakin akan menghasilkan PAD yang luar biasa. Mudah-mudahan ini bisa berjalan sesuai rencana dan yang kita inginkan," pungkasnya. (crew/besalenews.com)

Related News