Pedagang Ikan Pasar Sarinah, Membangkang Saat Ditertibkan

Tim Gabungan saat melakukan
penertiban PKL di Pasar Sarinah Rimbo Bujang
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Tim Gabungan (Timgab) Kecamatan Rimbo Bujang, dibentuk untuk menertibkan pasar Sarinah Kelurahan Wirotho Agung, untuk menuju pasar Sarinah yang asri, tertib, bersih, indah, nyaman dan aman. Sesuai program Pemerintah Wirotho Agung itu sendiri.    

Timgab Kecamatan ini, terdiri dari Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (DKPP) Kabupaten Tebo, Trantib Kantor Camat Rimbo Bujang, Babinkamtibmas, turun menertibkan pedagang pasar Sarinah Wirotho Agung pada hari Selasa (6/1). 

Namun, dalam aksinya, Timgab penertiban mendapat perlawanan dan protes oleh pedagang ikan terutama pedagang Ikan yang ada didalam Los pasar Sarinah akibat tak mau ditertibkan oleh petugas. 

Timgab penertiban , awalnya melakukan penertiban pedagang yang menempati badan jalan dan trotoar disepanjang jalan lingkar pasar Sarinah berjalan lancar dan tertib, karena mendapat tanggapan positif oleh para pedagang tersebut. 

Namun, pada saat Tim penertiban meneruskan penertiban pedagang Ikan, disana mendapat perlawanan dan protes oleh salah seorang pedagang ikan bernama Edi.

" Benar, salah seorang pedagang tak mau ditertibkan oleh petugas, dengan alasan tempat penjualan ikan khusus di Los pasar Sarinah yang ada dianggap tak layak ditempati untuk berjualan," jelas Hadi Sutrisno, anggota tim penertiban dari DKPP Tebo, pada Teboonline.com, Selasa (6/1).     

Ditambahkannya, padahal Edi (Pedagang Ikan_red) sudah menyalahi aturan yang ada, meninggalkan tempat khusus bagi penjual Ikan dan malahan menempati lapak berjualan ikan diluar area.

" Apapun alasannya, tim penertiban meminta kesadaran bagi pedagang menempati lapak yang telah disediakan. Seperti pedagang ikan harus kembali ke tempat atau los penjualan ikan, pedagang tidak diperkenankan berjualan menempati bahu jalan dalam kawasan los pasar Sarinah," tegas Hadi Sutrisno.                 

Sementara, Edi, salah seorang pedagang Ikan yang membangkang saat ditertibkan mengatakan, dirinya tidak mau menempati lapak los penjualan ikan menurutnya karena lapak tersebut tidak layak huni.

" Saya mau pindah dan ditertibkan dari tempat sekarang ini, saya berjualan di Kios ini atas dasar mengontrak kios. ditata dulu lapak los pemjualan ikan itu, baru saya mau menempatinya," ujar Edi dengan nada lantang terhadap petugas. (asa)

Related News