PAD Minim, DPU Tebo Bakal Tambah Jaringan Distribusi Air


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Minimnya kontribusi PAD yang berasal dari PDAM Tebo, belakangan menjadi sorotan banyak kalangan. Pasalnya, pengelolaan PDAM sejauh ini terkendala banyak hal, akibatnya dirasa belum maksimal. Untuk itu, Dinas PU Tebo dalam waktu dekat bakal menambah beberapa jaringan distribusi air.

"Lokasinya kalau tidak salah di Teluk Rendah, Teluk Kuali, Rimbo Bujang, dan Rimbo Ulu," kata Sardi, Kabid Cipta Karya, Dinas PU Tebo, kepada Teboonline.com, Selasa (13/1).

Penambahan jaringan ini dimaksudkan juga untuk menutupi produksi air yang selama ini masih timpang. Pasalnya, kecukupan produksi air selama ini belum diimbangi dengan pendisitribusian air ke rumah warga. Untuk itu salah satu cara menggenjot PAD yang berasal dari BUMD ini adalah menambah jaringan lagi.

"Wajar saja masih minim, karena sambungan yang ada saat ini baru mencapai 4000 sambungan," tutur Sardi.

Sedangkan untuk produksi air setiap harinya Sardi bilang sudah mencukupi. Tapi sayang kapasitas produksi Ipal PDAM sebesar 172 liter per detik belumlah terdistribusi semua. 

"Ya produksinya sudah tercapai, tapi lemah di pendistribusian," ucapnya.

Terakhir Sardi bakal mengupayakan jika tahun 2016 mendatang pihaknya menargetkan penambahan 12 ribu sambungan. Jadi diharapkan instalasi PDAM mendatang sudah sepenuhnya tersambung ketiap-tiap rumah warga.

"Semakin banyak sambungan, distribusi airpun meningkat," tuntasnya. (crew)

Related News