Mudahkan Pelayanan, Ada Layanan PATEN di Kantor Camat


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Mulai per Januari 2015 Pemerintah Kabupaten Tebo melalui kantor-kantor Camat sudah mulai menggulirkan program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) tahun 2015. 

Program khusus pelayanan perizinan baik, SITU, SIUP, HO, IMB dan TDP seluruhnya kini diserahkan ke pihak Kecamatan. 

Demikian yang disampaikan Arief Haryoko, Kasie Pemerintahan, Setda Tebo, kepada Teboonline.com, kemarin.

Arief mengungkapkan, jika program ini layananannya sudah bisa di kantor Kecamatan terdekat. Program pro rakyat dengan investasi di bawah Rp 50 Juta tersebut diharapkan bisa membantu pelayanan ke setiap warga. 

Pasalnya, dengan dilimpahkannya program PATEN ke tiap kecamatan, warga tidak ada lagi yang kesulitan mengurus soal perizinan.

"Silakan, saat ini pelayanan perizinan sudah kita permudah, yakni di Kecamatan," sebutnya.

Arief yakin, jika program ini sudah berjalan dengan baik, tentu kontribusi ke Pemda juga besar. Karena bukan sedikit warga yang menginginkan pengurusan izin untuk memulai usahanya. 

"Memang kita prioritaskan bagi pelaku usaha mikro, jadi pelayanan ini khusus investasi dibawah Rp 50 Juta," ujarnya meyakini.

Sedangkan, untuk investasi diatas Rp 50 Juta atau lebih, Arief tetap menyarankan pengurusan izinnya tetap di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu. 

"Jelas kalau untuk restribusi di satu pintu bakal berkurang, tapi itu tidak akan mempengaruhi kas daerah. Karena restribusi itu seluruhnya ke kas daerah," katanya lagi.

Disinggung seperti apa teknis pelaksanaan pengurusan perizinan di kantor Kecamatan, secara teknis tetap sama seperti yang pernah dilakukan di satu pintu. Itupun pihak Kecamatan bakal dibimbing oleh satu pintu, karena lanjutnya belum bisa sepenuhnya dilepaskan ke Kecamatan.

"Pelan-pelan, nanti kalau sudah paham betul barulah bisa dilepas. Untuk blangko juga formatnya masih model lama. Jadi hanya pelayanan saja yang mengalami perubahan," tukasnya.

Ia beserta jajarannya belakangan sudah lebih dulu melakukan sosialisasi terkait pelayanan perizinan ke tiap Kecamatan. Antusias warga ditiap Kecamatan menyambut baik, jika pelayanan perizinan sudah dilimpahkan ke tiap Kecamatan. (crew)

Related News