Keguguran, Warga SAD Muara Kilis Dioperasi


Dokter Zuhri saat menjelaskan penyebab Kuad keguguran kepada
Temenggung Tupak Besak
TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Sepertinya, dunia kesehatan modern mulai dipahami oleh warga Suku Anak Dalam (SAD). Terbukti, sekitar pukul 10.30 WIB Jumat (9/1) kemarin, Kuad (24) istri Temenggung Tupak Besak atau Pimpinan kelompok SAD Kilis Desa Muara Kilis Kecamatan Tebo Tengah, harus menjalani operasi di RSUD Tebo karena mengalami keguguran.

Seperti yang diungkapkan oleh Ahmad Firdaus, pemdamping kelompok SAD Kilis. Dijelaskannya, sejak kemarin Kuad mengalami sakit perut. Karena sudah tidak mampu menahan sakit yang dideritanya, sekitar pukul 02.00 dini hari kemarin, Temenggung Tupak Besak membawa istrinya ke rumah sakit.

“Waktu itu sempat diperiksa dan diobati oleh dokter jaga. Karena sakitnya berkurang, usai diobati mereka (Rombongan SAD_red) pulang dan menginap di sekretariat,” ujar Firdaus kepada Teboonline.com.

Namun, lanjut Firdaus lagi, pada paginya sakit perut yang dialami oleh Kuad kembali menyiksa. Pagi itu juga dia bersama rombongan mengantar Kuad ke rumah sakit untuk segera diobati.

“Begitu diperiksa dokter, dokter langsung menyarankan agar segera dioperasi. Sebab ada gumpalan diluar rahim yang harus segera dikeluarkan dengan cara dioperasi. Saat itu juga langsung dioperasi,” katanya lagi.

Hal itu dibenarkan oleh Temenggung Tupang Besak, suami Kuad. Dia menjelaskan, sakit perut yang dialami istrinya berawal ketika dia terjatuh saat mencari ikan di sungai. Saat dibawa ke rumah sakit, kata dokter istrinya mengalami keguguran. 

"Memang sudah 1 bulan ini istrinya tidak halangan. Dalam artian kehamilannya sudah masuk usia satu bulan lebih. Kemungkinan besar akibat jatuh kemarin yang menyebabkan istri saya keguguran. Sekarang lagi dioperasi. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa sama istri saya," harap Temenggung saat menunggu diluar ruang operasi.

Hal itu dibenarkan oleh Zuhri, dokter spesialis kebidanan yang langsung menangani penyakit Kuad. Dia menjelaskan, ada dua gumpalan berbentuk daging dan sudah ditumbuhi bulu halus yang berada diluar rahim Kuad. Gumpalan daging tersebut diduga kuat adalah janin. 

“Sudah kita keluarkan. Namun untuk memastikannya, kita minta pada pendamping untuk memeriksa gumpalan tersebut ke Bungo,” jelasnya usai melakukan operasi.

Lanjut dia, jika gumpalan daging tersebut benar-benar janin artinya kondisi Kuad sudah tidak perlu dikawatirkan lagi. 

“Yang kita kawatirkan gumpalan daging tersebut bukan janin, jadi harus diperiksa ke labor untuk memastikannya. Jika itu benar-benar janin, operasinya sudah selesai karena sudah dikeluarkan,” pungkasnya. (crew/peta)

Related News