K13 Dicabut, Semua SMK Di Kabupaten Tebo Beralih ke KTSP


TEBOONLINE.COM, MUARATEBO - Dari 14 SMK yang ada di Kabupaten Tebo, tidak satupun yang menerapkan Kurikulum 2013 (K13), atau kembali ke KTSP. 

Sementara, dari 18 SMA, hanya 7 SMA yang menerapkan K13. Hal itu diungkapkan AA. Musyaffa, Kasi Kurikulum Pendidikan Menengah (Dikmen) Dinas Dikbudpora Tebo.

"Kalau SMA hanya 7 sekolah yang menerapkan K13, yaitu SMAN 1 dengan akreditasi B, SMAN 7 dengan akreditasi A, SMAN 10 akreditasi A, SMAN 11 akreditasi A, SMAN 14 akreditasi C, SMAN 16 akreditasi B dan SMAN 17 dengan akreditasi B. Kalau SMK tidak satupun yang menerapkan K13 atau kembali ke KTSP," terang Musyaffa dikonfirmasi Teboonline.com di ruang kantornya, Rabu (14/1).

Dijelaskan Musyaffa, yang menentukan apakalah sekolah tersebut mengikuti K13 atau kembali ke KTSP adalah sekolah itu sendiri. Pasalnya, pihak sekolah itu sendiri yang tahu kondisi sekolahnya, apakah mereka mampu mengikuti K13 atau kembali ke KTSP.

"Setiap sekolah sudah membuat pernyataan sesuai pilihan masing-masing. Jadi sekolah yang mengikuti K13 ataupun kembali ke KTSP harus membuat pernyataan," tuturnya.

Dia juga mengatakan, pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya terkait penerapan K13. Mulai dari pelatihan tenaga pengajar atau guru, hingga pengadaan buku panduan untuk guru dan siswa. 

"Namun dari pusat sudah menarik K13. Jadi sekolah bebas memilih apakah tetap mengunakan K13 atau kembali ke KTSP," pungkasnya. (crew/peta)

Related News