dr.H.Sanusi : Waspadai Wabah Penyakit Dimusim Hujan

dr.H Sanusi
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Peralihan iklim, dari musim panas ke musim penghujan sangat berpotensi menyebar wabah penyakit. 

Pasalnya, datangnya musim penghujan biasanya daya tahan tubuh manusia  turut menurun, sehingga dapat terserang atau terjangkit penyakit Gastroent Eritis (GE), yang merupakan sejenis penyakit perut.

Selain penyakit perut akibat musim penghujan menimbulkan suhu yang lembab dapat mewabah penyakit kulit, hepatitis A, batuk, demam, demam berdarah, sesak nafas dan penyakit lainnya. 

Dimusim penghujan, masyarakat perlu mewaspadai terserangnya penyakit Gastroent Eritis dan lainnya. Oleh karenanya, masyarakat supaya membiasakan pola hidup sehat, dengan membersihkan lingkungannya, mengkonsumsi makanan yang bergizi, yakni selain makan dengan lauk pauk dan ditambah dengan buah - buahan segar.

" Benar, peralihan iklim dari musim panas ke musim penghujan berpotensi mewabah penyakit Gastroent Eritis dan lainnya," jelas dr.H.Sanusi, Kepala Puskesmas Rimbo Bujang II, pada Teboonline.com, Senin (26/1).                     

Ditambahkannya, mewaspadai atau mengantisipasi dan mencegah serangan penyakit, itu merupakan sikap dan tindakan yang lebih baik, dari pada mengobati penyakit. Untuk menghasilkan stamina dan daya tahan tubuh yang Vit, tentunya masyarakat perlu berolahraga, selain mengkonsumsi makanan yang bergizi.

" Saya menghimbau kepada masyarakat luas, agar waspada dimusim penghujan. karena dimusim hujan, sangat memungkinkan mewabah penyakit perut dan penyakit lainnya. Apabila ada warga atau anggota keluarga ada gejala terserang penyakit perut dan lainnya, agar segera membawa berobat ke klinik kesehatan atau Puskesmas yang terdekat," tandas dr.H.Sanusi mengakhiri. (asa)                       

  

Related News