Dapatkan TKD & Prestasi, PNS Tebo Wajib Apel Pagi & Sore


TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Untuk meningkatkan disiplin kinerja dan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Instansi Pemerintah Kecamatan Rimbo Bujang khususnya dan Kabupaten Tebo pada umumnya, Kantor Lurah Wirotho Agung menerapkan atau memberlakukan apel pagi dan sore.

Apel dilaksanakan di Kantor Lurah pada setiap harinya selain di hari senin. Sedangkan setiap hari senin, semua instansi Pemerintah atau setiap UPTD yang ada dalam wilayah Kecamatan Rimbo Bujang, melaksanakan apel gabungan di halaman Kantor Camat Rimbo Bujang.

Tuntutan disiplin PNS, tidak dapat ditawar - tawar lagi, untuk menghasilkan kinerja PNS yang proforsional sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat, sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) di unit kerja PNS masing -masing. Untuk itu, penerapan apel dan disiplin tepat waktu pada jam masuk dan pulang dinas, merupakan kewajiban setiap individu PNS.

" Benar, mulai Januari 2015 ini Kantor Lurah Wirotho Agung sudah memberlakukan dan menerapkan apel PNS pagi dan sore pada setiap hari kerja. Apel pagi pukul 07.15 wib dan apel sore pukul 16.00 wib," jelas Amir Said, Kasi Pemerintahan Kantor Lurah Wirotho Agung, pada Teboonline.com, Kamis (15/1).

Terkait disiplin PNS, imbuh Kasi Pem Amir Said, acuan tentang peraturan disiplin PNS diatur dalam bentuk antara lain Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS, maupun Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 65 tahun 2014 tentang pemberian tambahan penghasilan PNS dilingkungan Pemkab Tebo, dan Kepmen PAN - RB Nomor B/5548/M.PAN-RB/12/2014, tentang optimalisasi kebutuhan aparatur sipil negara sistem E Formasi. Peningkatan disiplin dan kinerja, serta
penghasilan kesejahteraan PNS mendapat perhatian serius oleh Pemerintah.

"Disiplin kehadiran dan apel PNS, merupakan kewajiban, dengan senang hati harus kita laksanakan," ujar Kasi Pem Amir Said.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Tebo, Kamal Effendi dikonfirmasi mengatakan, disiplin kinerja PNS diatur oleh PP ataupun Perbup dan peraturan lainnya. Dan disiplin kinerja PNS merupakan kewajiban individu setiap PNS sebagai abdi masyarakat, apel pagi dan sore di Instansi Pemerintah, jelas akan mempengaruhi TKD dan prestasi PNS.

“ Bagi Instansi Pemerintah atau jajaran UPTD di Kecamatan yang belum melaksanakan apel pagi dan sore di internalnya, pihak BKPP Tebo akan segera menyurati Kepala instansi tersebut, untuk melaksanakan apel pagi dan sore di instansinya masing -masing," tandas Kepala  BKPP Kamal Effendi. (asa)

Related News