Cegah Rabies, Hewan Peliharaan Perlu Di Vaksinasi

IMAM SAPTAJI
TEBOONLINE.COM, RIMBOBUJANG - Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Tebo, melalui Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang ada di Kecamatan mensosialisasikan kepada masyarakat, tentang penyakit dan bahaya rabies, serta langkah yang harus diambil bagi si pemelihara hewan tersebut.

Bagi masyarakat yang mempunyai hewan peliharaan seperti Anjing, Kucing dan Kera seyogianya dan lebih baik untuk mengantisipasi dan mencegah terjangkitnya penyakit rabies pada hewan peliharaannya, untuk membawa dan memeriksakan hewannya ke  Puskeswan.

" Ya, kita himbau kepada masyarakat yang memelihara hewan anjing, kucing dan kera untuk dibawa ke Puskeswan. Petugas Puskeswan akan memberikan pelayanan pemeriksaan dan memberikan imunisasi vaksin anti rabies pada hewan tersebut," terang Imam Saptaji, Kasubag TU Puskeswan Kecamatan Rimbo Bujang, pada Teboonline.com, Senin (19/1).         

Imbuh Imam Saptaji, penyakit rabies bisa menular ke manusia. Apabila, hewan yang mengidap rabies menggigit korban, maka korbannya bisa terjangkit penyakit rabies. Oleh karenanya, mengantisipasi secara dini lebih efektif, yaitu dengan cara mengawasi gelagat hewan peliharaannya.

Apabila terlihat ada tanda -tanda kelainan prilaku pada hewan peliharaannya, maka segera memeriksakan dan pemberikan vaksin rabies kepada hewan peliharaan secara berkala melalui Puskeswan.

" Apabila masyarakat mengetahui Anjing gila dan sejenisnya yang mengidap rabies, segera laporkan kepada petugas terkait atau Puskeswan untuk ditindak lanjuti. Kita akui, untuk tahun 2014 menurut pantauan pihak Puskeswan di wilayah Rimbo Bujang, belum terdeteksi adanya hewan peliharaan termasuk Anjing, Kucing dan Kera yang terjangkit rabies. Namun, untuk antisipasi pihak Puskeswan tetap memberikan sosialisasi tentang bahaya rabies kepada masyarakat. (asa)    

Related News