120 Hektar Lahan Di Rimbo Ulu Bakal Ditanami Jagung Dan Kedelai

Ilustrasi
TEBOONLINE.COM, RIMBOULU – Lahan seluas 120 hektar di Kecamatan Rimbo Ulu dalam waktu dekat ini, rencananya akan ditanami Jagung dan Kedelai sebagai salah satu realisasi program Presiden Jokowi. Hal itu, dikatakan oleh Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Rimbo Ulu, Yenida.

Dikatakannya, lahan seluas itu terdiri dari pekarangan rumah dan tumpang sari dengan tanaman Karet muda. Luasan tanah tersebut, akan diambil perdesa dimana Rimbo Ulu ini terdiri dari 6 desa yakni Suka Damai, Wanareja, Sumber Sari, Suka Maju, Sido Rukun dan Sungai pandan.

“ Perdesa nanti akan dijadikan lokasi penanaman untuk Kedelai seluas 10 Hektar dan Jagung 10 Hektar, jadi perdesanya 20 Hektar dikalikan 6 desa, jadi luasan jumlahnya sebanyak 120 Hektar,” ujar Yenida pada Teboonline.com, Senin (26/1).

Ditambahkan oleh Suparmi, Pegawai Penyuluh (PPL) Pertanian desa Sumber Sari, terkait benih Jagung dan Kedelai, pengadaannya bantuan dari Pemerintah termasuk obat Pestisida dan Pupuk.

“ Untuk pertama kali penanaman, semuanay dibantu oleh Pemerintah dan setelah penanaman nanti, akan diawasi oleh PPL dimana satu PPL itu mengawasi satu desa,” terang Suparmi.

Target panen imbuhnya, Sembilan puluh hari atau tiga bulan tanaman Jagung dan Kedelai sudah siap panen. Pencanangan tanam Jagung dan Kedelai ini, warga hanya satu kali saja dibantu dan selanjutnya, warga menanam dengan biaya sendiri atau benih yang akan dipakai, bisa diambil dari hasil panen tersebut.

“ Bantuan benih hanya sekali saja dengan tujuan untuk memancing warga agar produktif untuk bertani menanam Jagung dan Kedelai, karena kalau pekarangan Nampak hijau tentunya akan sejuk dipandang dan dapat menambah penghasilan, apalagi dengan keadaan harga getah karet murah seperti ini,” papar Suparmi lagi.

Saat ini beber Suparmi meneruskan, BPP Kecamatan Rimbo Ulu dalam tahap pendataan calo petani dan nanti data tersebut akan diajukan ke Dinas Pertanian Kabupaten Tebo. Sebelum calon petani diberikan bantuan Benih, sebelumnya calon petani akan di surve terlebih dahulu tentang lokasi penanamannya. (crew)

Related News